kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Poles usaha warisan jadi korporasi kelas dunia (2)


Rabu, 21 September 2016 / 11:42 WIB
Poles usaha warisan jadi korporasi kelas dunia (2)


Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Tri Adi

Perusahaan yang dijalankan oleh Pallonji Shapoorji Mistry saat ini berasal dari warisan sang ayah. Meski begitu perkembangan bisnis hingga menjadi perusahaan kelas internasional tidak lepas dari tangan dingin dan kerja keras Pallonji. Jika semula Shaporrji Pallonji Group hanya mengerjakan beberapa proyek konstruksi dan infrastruktur dengan skala kecil, kini perusahaan tersebut telah mengerjakan banyak proyek konstruksi besar dan juga proyek ikonik di India.

Miliarder asal India, Pallonji Shapoorji Mistry memang tak merintis bisnis dari tangan kosong. Ia mewarisi bisnis secara turun temurun. Tapi kesuksesan bisnis The Sharpooji Pallonji Group (SP Group) tidak lepas dari tangan dingin Pallonji .

SP Group merupakan bisnis keluarga yang bergerak di sektor konstruksi dan real estate. Bisnis konglomerasi ini makin menanjak sejak Pallonji ikut andil mengembangkan perusahaan.

Sejarah The Shapoorji Pallonji Group sendiri terbilang panjang. Bahkan kalau dirunut-runut, cikal bakal perusahaan ini sudah ada sejak 1865 dan didirikan oleh moyang Pallonji. Proyek pertama perusahaan ini membangun trotoar di Girgaum Chowpatty.

Seiring perjalanan waktu, ayah Pallonji, Sharpooji akhirnya memegang kendali perusahaan. Di tangan sang ayah, sejumlah proyek konstruksi pun digarap. Antara lain pembangunan waduk di Malabar Hill yang memasok air untuk Mumbai selama lebih dari 100 tahun.

Perusahaan yang berbasis di Mumbai, India ini juga membangun Stadion Brabourne di Mumbai dan Stadion Jawaharlal Nehru di Delhi. Perlahan The Shapoorji Pallonji Group pun meraih reputasi yang solid di pasar sebagai konstruksi.

Pada tahun 1930, konglomerasi ini memenangkan tender untuk mengakuisisi salah satu proyek paling menantang di India yaitu proyek Central Railway Station di Mumbai. Pada proyek ini, Shapoorji Pallonji Group bekerjasama dengan Ferro Concrete Construction dan asosiasi arsitek. Mereka berhasil menyelesaikan proyek tersebut dalam waktu 21 bulan. Biaya investasi untuk membangun proyek tersebut INR 15,6 juta.


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×