kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berlayar 18 hari, kapal serbu amfibi Tipe 075 China selesai uji coba perdana


Rabu, 26 Agustus 2020 / 13:48 WIB
Berlayar 18 hari, kapal serbu amfibi Tipe 075 China selesai uji coba perdana
ILUSTRASI. Kapal serbu amfibi Type 075 milik China


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Kapal serbu amfibi pertama China akhirnya telah selesai menjalani uji coba laut selama 18 hari. Kini, kapal Tipe 075 sudah kembali ke galangan kapal di Shanghai.

China Daily melaporkan, kapal serbu amfibi Tipe 075 berlayar kembali pada Minggu (23/8) menuju Hudong-Zhonghua Shipbuilding, produsen kapal di bawah perusahaan milik negara, China State Shipbuilding Corp (CSSC).

Kapal pertama Tipe 075 memulai uji coba pelayaran laut pertama pada 5 Agustus lalu. Baik Angkatan Laut China maupun CSSC belum memberikan keterangan terkait hasil uji coba perdana tersebut.

Karena uji coba selesai sesuai jadwal, kemungkinan kapal serbu amfibi Tipe 075 tidak mengalami banyak masalah dalam hal konstruksi. Selanjutnya, teknisi akan memperbaiki masalah yang muncul selama uji coba dan kemudian mempersiapkan uji coba lanjutan.

Wu Peixin, pengamat militer dari Beijing, mengatakan, uji coba laut pertama yang memakan waktu selama 18 hari membuktikan kapal Tipe 075 telah melakukan banyak tes dan menunjukkan kinerja yang sangat baik.

Baca Juga: Hari ini dalam sejarah: Rusia uji rudal balistik antarbenua untuk pertama kalinya

Wu juga cukup yakin, kapal serbu amfibi Tipe 075 bisa segera bergabung dengan Angkatan Laut Pasukan Pembebasan Rakyat China (PLA) untuk bisa diterjunkan dalam misi resmi atau latihan militer.

Kapal serbu amfibi Tipe 075 memiliki panjang sekitar 250 meter dan lebar 30 meter, serta bobot hingga 40.000 ton. Selain China, saat ini Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Spanyol, Italia, dan Korea Selatan juga sedang mengembangkan kapal kelas ini.

Cao Weidong, peneliti Angkatan Laut China, menyebutkan, fungsi utama kapal Tipe 075 adalah untuk mengangkut dan mendaratkan pasukan serta persenjataan di wilayah musuh melalui helikopter.

Kapal ini juga diharapkan mampu memberi dukungan untuk serangan udara. Kapal serbu amfibi bisa memainkan peran penting, seperti anti-kapal, menyerang target di daratan, serta operasi pendaratan.

Baca Juga: Buat jaga kapal induk, China bakal luncurkan kapal perusak siluman berpeluru kendali




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×