kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buat jaga kapal induk, China bakal luncurkan kapal perusak siluman berpeluru kendali


Sabtu, 22 Agustus 2020 / 08:02 WIB
Buat jaga kapal induk, China bakal luncurkan kapal perusak siluman berpeluru kendali
ILUSTRASI. Dua kapal perusak milik China saat melakukan latihan.


Sumber: South China Morning Post | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China kemungkinan bakal meluncurkan kapal perusak siluman berpeluru kendali kedelapan, yang mereka rancang untuk kelompok penyerang kapal induk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA), akhir tahun ini.

Kapal perang itu akan menyelesaikan kelompok pertama kapal perusak Tipe 055. Tapi, para ahli Angkatan Laut mengatakan, bisa memakan waktu hingga lima tahun agar semua kapal perang siap tempur seiring desain canggih mereka.

Kapal perusak tersebut sedang menjalani proses pengecatan di galangan kapal di Dalian milik kontraktor yang melakukan banyak pembuatan kapal Angkatan Laut PLA. Ini menunjukkan, kapal itu hampir diluncurkan, menurut laporan yang di-posting di Weibo dan WeChat.

Baca Juga: China kirim pembom ke Laut China Selatan, Vietnam: Membahayakan!

Mengutip China South Morning Post, Angkatan Laut PLA baru saja menerima kapal perusak Type 055 ketujuh pada Mei lalu. Dan dengan yang pertama, Nanchang, secara resmi bergabung dengan Angkatan Laut PLA pada Januari, dua setengah tahun setelah peluncurannya.

Para ahli Angkatan Laut menyebutkan, perlu tiga tahun sebelum kapal perusak kedelapan bergabung dengan PLA setelah uji coba laut. Kapal perusak yang kedua saat ini masih menjalani uji coba laut setelah meluncur dua tahun lalu.

Dengan bobot 12.000 ton, Tipe 055 adalah kapal perusak terkuat kedua di dunia setelah DDG-1000 milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) atau kelas Zumwalt. China merancang Type 055 untuk menjaga kapal induk Tipe 002 yang memiliki sistem ketapel elektromagnetik tercanggih di dunia.

Baca Juga: Kian panas, China kerahkan pembom H-6J ke Pulau Woody di Laut China Selatan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×