kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Biden: Mundur dari Pilpres AS adalah Cara Terbaik untuk Mempersatukan Bangsa


Kamis, 25 Juli 2024 / 08:36 WIB
Biden: Mundur dari Pilpres AS adalah Cara Terbaik untuk Mempersatukan Bangsa
ILUSTRASI. Presiden AS Joe Biden menyatakan mundur dari pencalonan presiden adalah cara terbaik untuk mempersatukan negara. REUTERS/Yves Herman


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan, mundur dari pencalonan presiden dan mendukung wakil presidennya, Kamala Harris sebagai kandidat dari Partai Demokrat adalah cara terbaik untuk mempersatukan negara, meskipun dia berambisi untuk memenangkan pemilu AS.

Mengutip Reuters, Kamis (25/7), pengumuman Biden untuk mundur dari bursa pemilihan presiden AS pada Minggu (21/7) menyusul penampilan debat yang buruk dengan Trump pada Juni lalu. Hal ini menambah pertanyaan tentang kemampuannya untuk memenangkan pemilihan presiden November nanti.

Dalam pidatonya dari Ruang Oval, dia mengatakan dia yakin dia bisa terpilih kembali karena rekornya pada masa jabatan pertamanya.

“Tetapi tidak ada, tidak ada yang dapat menghalangi penyelamatan demokrasi kita. Itu termasuk ambisi pribadi,” katanya. 

Baca Juga: Ini Pidato Pertama Joe Biden Pasca Mundur dari Pencalonan, Apa Katanya?

“Jadi saya memutuskan bahwa cara terbaik ke depan adalah dengan meneruskan kepemimpinan tersebut kepada generasi baru. Itu adalah cara terbaik untuk mempersatukan bangsa kita.”

Harris, perempuan kulit hitam pertama dan orang Amerika keturunan Asia yang menjabat sebagai wakil presiden, akan menjadi perempuan pertama yang terpilih sebagai presiden jika ia menang pada 5 November. 

Dalam tiga hari sejak keputusan Biden, Harris telah menarik dukungan luas dari seluruh Partai Demokrat dan melakukan revitalisasi kampanye pemilunya.

Biden memuji Harris sebagai pemimpin kuat yang akan menjadi presiden efektif.

"Dia berpengalaman, dia tangguh, dia mampu. Dia telah menjadi mitra yang luar biasa bagi saya dan pemimpin bagi negara kita. Sekarang pilihan ada di tangan Anda, rakyat Amerika."

Beberapa jam sebelumnya, calon presiden dari Partai Republik Donald Trump mencoba meredam momentum tersebut dengan pidato agresifnya di rapat umum tersebut, yang merupakan pidato pertamanya sejak kemunculan Harris yang mengubah persaingan. 

“Dia adalah seorang radikal sayap kiri gila yang akan menghancurkan negara kita jika dia terpilih,” katanya.

Trump secara rutin menggunakan hinaan dalam menyerang lawan-lawannya dan menjelaskan bahwa ia berencana mengabaikan saran agar ia mengambil tindakan yang lebih lembut. 

"Aku tidak akan bersikap baik!" katanya kepada para pendukungnya yang bersorak di Charlotte.

Dia menyerang Harris sebagai kekuatan pendorong dalam pemerintahan Biden yang harus bertanggung jawab atas kebijakannya mengenai imigrasi dan masalah lainnya.

“Sebagai raja perbatasan, Kamala membuka perbatasan kita yang memungkinkan 20 juta orang asing ilegal masuk ke negara kita dari seluruh dunia,” kata Trump.

“Saya akan menghentikan setiap kebijakan perbatasan terbuka dari pemerintahan Biden Harris dan kami akan menutup perbatasan dan kami akan menghentikan invasi Kamala Harris tanpa penundaan,” kata mantan presiden tersebut.

Biden menugaskan Harris untuk bekerja dengan negara-negara di Amerika Tengah untuk membantu membendung gelombang migrasi, namun Harris tidak diberi tanggung jawab atas keamanan perbatasan dan juga tidak disebut sebagai raja perbatasan.

Baca Juga: Modal Kuat Kamala Harris Maju Pemilu Presiden AS Melawan Trump

Trump juga menyinggung soal aborsi, sebuah isu yang sudah lama dianggap oleh Partai Demokrat sebagai isu yang memenangkan hak aborsi.

“Jika Anda membandingkan posisi saya mengenai aborsi dengan Kamala Harris, posisi saya delapan poin lebih tinggi dalam jajak pendapat. Dan itu karena dia sangat radikal,” katanya.

Harris telah menjabat sebagai tokoh penting bagi pemerintahan Biden dalam isu aborsi, yang diperkirakan akan menjadi lebih penting dalam kampanye ini karena Harris akan menjadi kandidat utama.

Teruskan Obor

Biden mengatakan, dia akan fokus pada pekerjaannya sebagai presiden dalam sisa enam bulan masa jabatannya.

“Itu berarti saya akan terus menurunkan biaya untuk keluarga pekerja keras dan menumbuhkan perekonomian kita. Saya akan terus membela kebebasan pribadi dan hak-hak sipil kita – mulai dari hak untuk memilih – hingga hak untuk memilih,” katanya, menurut pernyataannya. 

Presiden kembali ke Washington pada Selasa sore setelah diisolasi karena Covid di rumahnya di Delaware, di mana dia mengumumkan bahwa dia akan mengakhiri kampanyenya.

Komite peraturan Komite Nasional Demokrat pada hari Rabu menyetujui rencana untuk secara resmi mencalonkan Harris paling cepat pada tanggal 1 Agustus – sebelum konvensi partai tersebut pada tanggal 19-22 Agustus di Chicago – dengan Harris memilih pasangannya pada tanggal 7 Agustus.

Sebelumnya pada hari Rabu, wakil presiden berusia 59 tahun itu menyerukan lebih dari 6.000 perempuan kulit hitam di Indianapolis untuk membantunya merevitalisasi kampanye Partai Demokrat.

Harris berbicara di sebuah acara di Indianapolis yang diselenggarakan oleh Zeta Phi Beta Sorority, yang didirikan di Howard University, perguruan tinggi kulit hitam yang bersejarah tempat dia kuliah. 

Dia berharap dapat memanfaatkan jaringan multi-generasi perempuan kulit hitam – yang memainkan peran penting dalam kemenangan Biden pada tahun 2020 – untuk menghasilkan jumlah pemilih yang kuat untuk Partai Demokrat lagi pada bulan November.

"Saya berterima kasih. Dan sekarang, pada saat ini, bangsa kita membutuhkan kepemimpinan Anda sekali lagi," kata Harris.

Trump, yang baru saja menjalani minggu kemenangan di mana partainya bersatu dalam upaya pencalonannya sebagai presiden setelah upaya pembunuhan yang gagal dua akhir pekan lalu, harus menyaksikan kepergian Biden yang tiba-tiba dari pencalonan presiden mengubah narasi dan memicu lonjakan perhatian terhadap Harris dengan mengorbankan dirinya. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×