kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bila investasikan US$ 5.000 saat Microsoft IPO, ini jumlah kekayaan Anda saat ini


Selasa, 17 Desember 2019 / 10:01 WIB
Bila investasikan US$ 5.000 saat Microsoft IPO, ini jumlah kekayaan Anda saat ini
ILUSTRASI. Logo Microsoft di kantor pusat Microsoft Corporation di Issy-les-Moulineaux, dekat Paris, Prancis, 18 April 2016.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Microsoft adalah perusahaan perangkat lunak Windows dan Office. Perangkat lunak Microsoft sangat banyak digunakan sehingga Microsoft merupakan salah satu dari sedikit perusahaan yang telah mencapai kapitalisasi pasar sebesar US$ 1 triliun.

Microsoft merupakan perusahaan publik. Microsoft pertama kali menjual saham ke publik pada 1986. Waktu itu, kapitalisasi pasar Microsoft kurang dari US$ 700 juta. Kapitalisasi ini membuatnya sebagai saham kecil dengan standar waktu itu.

Namun dalam 33 tahun terakhir, para pemegang saham Microsoft tentunya dapat tersenyum sumringah. Pasalnya, Microsoft telah menciptakan kekayaan luar biasa bagi investor selama bertahun-tahun. Jika waktu IPO, ada investor yang berinvestasi senilai US$ 5.000 saja, maka berapa nilai sahamnya hari ini?

Baca Juga: Bill Gates rela begadang sampai pukul 3 pagi karena membaca buku ini

Tentu saja ini membutuhkan kesabaran. Tapi kesabaran dan investasi yang tepat juga dapat menghasilkan hasil yang luar biasa.

Saat IPO pada 13 Maret 1986, harga perdagangan saham Microsof sebesar US$ 21. Sampai saat ini, saham Microsoft sudah dipecah sebanyak sembilan kali, dengan dua dari pemecahan ini menjadi 3-untuk-2 kali pemecahant.

Catatan singkat tentang cara pemisahan: Dalam pembagian 2-untuk-1 yang khas, pemegang saham menerima dua saham untuk setiap satu saham yang mereka miliki. Harga saham kemudian disesuaikan secara proporsional sehingga nilai investasi tetap sama seperti sebelum membagi.

Maka bila Anda membeli satu saham Microsoft saat IPO, Anda sekarang akan memiliki 288 saham setelah semua pembagian pemecahan saham.

Baca Juga: Mantan supermodel ini sebut etika dan integritas kerja Warren Buffett luar biasa

Nah bila Anda berinvestasi sebesar US$ 5.000 saat Microsoft IPO dengan membeli 238 saham, maka setelah pemecahan saham, Anda sekarang memiliki sebanyak 68.544 saham Microsoft.




TERBARU

[X]
×