kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bill Gates diminta mundur jadi Chairman Microsoft


Rabu, 02 Oktober 2013 / 08:23 WIB
Bill Gates diminta mundur jadi Chairman Microsoft
ILUSTRASI. Makanan untuk Menjaga Kesehatan Kulit Setiap Hari


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

NEW YORK. Tiga dari 20 investor di Microsoft Corp melobi dewan komisaris agar mau menekan Bill Gates untuk mundur sebagai chairman perusahaan perangkat lunak yang didirikannya 38 tahun silam tersebut.

Informasi ini disampaikan oleh narasumber yang mengetahui masalah ini kepada wartawan Reuters. Sementara itu, Chief Executive officer (CEO) Microsoft, Steve Ballmer kini berada di bawah tekanan untuk kinerja perusahaan dan menaikkan harga saham.

Adanya tekanan dari pemegang saham untuk Bill Gates merupakan hal yang sangat unik, mengingat sosok Gates yang sangat dihormati dan berpengaruh di bidang teknologi. Apalagi, nama besar Microsoft tak lepas dari besutan tangannya.

Mengenai informasi ini, salah satu wakil dari Microsoft menolak berkomentar hari Selasa (1/10). Sumber tersebut bilang, sejauh ini belum ada indikasi Microsoft mengabulkan keinginan dari tiga investor yang secara kolektif memiliki lebih 5% saham di Microsoft.

Sayangnya, sumber tersebut menolak membeberkan nama-nama investor yang ingin menggulingkan Gates tersebut. Sebagaimana diketahui, Gates memiliki 4,5% saham dari total saham senilai US$ 277 miliar. Gates merupakan pemegang saham terbesar individu .

Tiga investor tersebut mengkhawatirkan kehadiran Gates sebagai chairman menghalangi penerapan strategi baru dan membatasi kekuasaan CEO untuk membuat perubahan substansial di perusahaan. Secara khusus, mereka menunjuk Gates sebagai ketua komite pencari pengganti CEO yang kini dijabat Ballmer.

Mereka juga khawatir, Gates menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk acara sosial ketimbang memikirkan perusahaan yang sahamnya menurun.

Sebagaimana diketahui, Gates memiliki 49% saham Microsoft sebelum go public tahun 1986 dengan menjual 80 juta saham Microsoft. Gates kemudian memberikan mandat kepada Ballmer tahun 2000, dan pada tahun 2008, Gates mulai mengurusi yayasan amalnya, Bill & Melinda Gates Foundation.

Sampai Agustus lalu, Ballmer memutuskan untuk mundur karena sudah memasuki usian pensiun dalam waktu 12 bulan lalgi. Maka itu, Microsoft sekarang mencari CEO baru, meskipun dewan komisaris masih menginginkan Ballmer maju.

Saham Microsoft satu dekade terakhir bergerak statis, dan perusahaan kalah bersaing dengan saham Apple Inc dan Google Inc yang terus bergerak dan mengembangkan komputasi mobile. Salah satu sumber mengatakan, Gates lebih efektif sebagai CEO ketimbang sebagai Chairman.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×