kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.353   91,00   0,59%
  • IDX 7.820   8,23   0,11%
  • KOMPAS100 1.191   6,30   0,53%
  • LQ45 964   4,59   0,48%
  • ISSI 227   0,82   0,36%
  • IDX30 492   3,03   0,62%
  • IDXHIDIV20 592   1,90   0,32%
  • IDX80 135   0,77   0,57%
  • IDXV30 139   0,08   0,06%
  • IDXQ30 164   0,89   0,55%

Bill Gates: Pensiun Terdengar Mengerikan dan Ingin Bekerja 30 Tahun Lagi


Senin, 09 September 2024 / 18:35 WIB
Bill Gates: Pensiun Terdengar Mengerikan dan Ingin Bekerja 30 Tahun Lagi
ILUSTRASI. Pendiri Microsoft, Bill Gates, mengungkapkan bahwa dia terinspirasi oleh teman dan sesama miliarder, Warren Buffett,. REUTERS/Shannon Stapleton


Sumber: Fortune | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendiri Microsoft, Bill Gates, mengungkapkan bahwa dia terinspirasi oleh teman dan sesama miliarder, Warren Buffett, tentang bagaimana tetap aktif bekerja hingga usia 90-an.

Gates, yang kini berusia 68 tahun, menyatakan niatnya untuk terus bekerja selama dua dekade ke depan jika kesehatan memungkinkan mengikuti jejak CEO Berkshire Hathaway yang berusia 94 tahun.

Keinginan untuk Terus Bekerja

Gates mengaku bahwa pensiun “terasa mengerikan” baginya. Dia mengatakan dalam wawancara dengan CNBC Make It, "Teman saya Warren Buffett masih datang ke kantor enam hari seminggu. Jadi, saya berharap kesehatan saya memungkinkan saya untuk menjadi seperti Warren."

Baca Juga: Lee Thiam Wah: Dari Pedagang Kecil Menjadi Miliarder Baru Asia

Buffett, meskipun, sangat menyadari bahwa waktu terus berjalan. Setelah kematian sahabat dan tangan kanannya, Charlie Munger, pada November tahun lalu, Buffett telah beberapa kali berbicara tentang nasib kekayaan US$145 miliar miliknya.

Ini termasuk pratayang wasiatnya dan konfirmasi bahwa, setelah kematiannya, tidak akan ada dana lebih lanjut yang diberikan kepada Bill and Melinda Gates Foundation.

Komitmen Terhadap Yayasan Gates

Gates bersemangat untuk melanjutkan pekerjaan di yayasan tersebut selama beberapa dekade ke depan. Yayasan tersebut telah menghabiskan lebih dari US$53 miliar sejak 2000, dengan harapan untuk membantu masalah seperti pemberantasan polio, sanitasi air, dan pengembangan pertanian.

Namun, masih ada tonggak yang harus dicapai, yang mana Gates sangat berkomitmen. "Yayasan [Bill & Melinda Gates] akan merayakan ulang tahunnya yang ke-25 tahun depan. Kami belum menyingkirkan polio, kami belum menghilangkan malaria. Saya sangat, sangat berkomitmen pada hal-hal tersebut," kata Gates.

"Kami ingin mengurangi kematian anak-anak lagi dari 5 juta menjadi 2,5 juta," tambahnya.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Mengatur Keuangan dari Miliarder Bill Gates

Perubahan Pendekatan Kerja

Meskipun Gates berencana untuk terus bekerja pada tingkat yang tinggi, dia tidak akan melakukannya dengan semangat yang sama seperti saat meluncurkan Microsoft. Saat meluncurkan raksasa US$2,99 triliun bersama teman masa kecilnya, Paul Allen, Gates akan berdiri di kantornya dan memantau siapa saja karyawan yang meninggalkan kantor terlebih dahulu.

Tidur sesedikit mungkin menjadi semacam kompetisi dengan rekan-rekannya, seperti yang diungkapkan Gates dalam podcast-nya "Unconfuse Me with Bill Gates" tahun lalu. Gates mengingatkan bahwa dia dulu tidak percaya pada akhir pekan dan liburan, dan "itu sedikit tidak terkendali, bagaimana saya memaksakan diri."

Investasi dalam Penelitian Alzheimer

Gates juga masih sangat tertarik pada penelitian Alzheimer, sebuah topik yang menjadi perhatian utama baginya. Ayahnya, Bill Gates Sr., meninggal dunia pada September 2020 setelah bertahun-tahun berjuang melawan Alzheimer.

Baca Juga: 9 Money Lessons yang Dipelajari Bill Gates dari Warren Buffett

Gates menyebutkan dalam CNBC, “Saya menghabiskan waktu kemarin untuk penyakit Alzheimer. Secara intelektual, dalam hal tetap mengikuti perkembangan—bahkan hanya tentang [kecerdasan buatan] saja—membutuhkan banyak waktu. Tetapi itu masih sangat memuaskan.”

Gates berharap bisa terus aktif dalam pekerjaannya dan berkomitmen terhadap misinya untuk beberapa dekade mendatang, mengikuti teladan Buffett dalam dedikasinya terhadap pekerjaan hingga usia lanjut.

Selanjutnya: Skema PPh Final UMKM 0,5% Perlu Diperpanjang? Ini Kata Pengamat

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (10/9) Hujan Deras, Waspada Bencana di Provinsi Ini




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×