kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   4,88   0.55%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Blinken Akhirnya Bertemu Xi Jinping Sebelum Meninggalkan China


Senin, 19 Juni 2023 / 16:33 WIB
Blinken Akhirnya Bertemu Xi Jinping Sebelum Meninggalkan China
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Aula Besar Rakyat di Beijing, Tiongkok, 19 Juni 2023. REUTERS/Leah Millis/Pool


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akhinrya bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada Senin 19 Juni 2023. Pertemuan tersebut mengakhiri perjalanan langka dan penting ke Beijing yang bertujuan untuk memastikan banyak perselisihan antara negara adidaya tidak berubah menjadi konflik.

Blinken menjadi menteri luar negeri AS pertama yang bertemu dengan pemimpin China sejak 2018. Saat pertemuan, Blinken berjalan menuju Xi dengan tangan terulur saat Presiden China berdiri untuk menyambutnya di Aula Besar Rakyat.

Kedua delegasi kemudian saling berhadapan di seberang meja konferensi panjang yang dihiasi dengan bunga teratai merah muda, dengan Xi di depan dan Blinken di sebelah kanannya. Pertemuan tersebut, pada hari terakhir kunjungan dua hari Blinken, dapat membantu memfasilitasi pertemuan puncak antara Xi dan Presiden AS Joe Biden di akhir tahun.

"Kedua belah pihak telah melakukan diskusi yang jujur dan mendalam," kata Xi.

Baca Juga: Bill Gates Bertemu Xi Jinping di Tengah Hubungan AS-China Masih Tegang

"Saya harap melalui kunjungan ini, Pak Sekretaris, Anda akan memberikan kontribusi yang lebih positif untuk menstabilkan hubungan China-AS," tambah Xi, berbicara kepada Blinken.

Sebelumnya, Blinken mengadakan diskusi ekstensif dengan diplomat top China Wang Yi pada hari Senin, dan menteri luar negeri Qin Gang pada hari Minggu.

Pembicaraan, yang diadakan di wisma tamu negara Diaoyutai di Beijing, tampaknya tidak membuat banyak kemajuan dalam menjembatani perbedaan kedua belah pihak tentang isu-isu mulai dari Taiwan hingga perdagangan, hak asasi manusia, membendung aliran fentanil opioid sintetik atau pendekatan mereka ke perang di Ukraina.

Blinken menggarisbawahi pentingnya saluran komunikasi terbuka untuk mengelola persaingan mereka selama lebih dari tiga jam pembicaraan dengan Wang, yang oleh Departemen Luar Negeri disebut "produktif".

Menggambarkan hubungan AS-Tiongkok berada pada titik rendah, Wang mengatakan akar penyebabnya adalah persepsi Amerika Serikat yang salah tentang Tiongkok.

"Kita harus mengambil sikap yang bertanggung jawab terhadap orang-orang, sejarah dan dunia, dan membalikkan spiral hubungan AS-Tiongkok," kata Wang selama pertemuan dengan Blinken, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kementerian luar negeri Tiongkok.

Baca Juga: China, US Commerce and Trade Chiefs to Meet Next Week

Wang mendesak Amerika Serikat untuk berhenti berspekulasi tentang ancaman dari China, meninggalkan "penindasan" terhadap perkembangan ilmiah dan teknologi China, dan menahan diri untuk tidak mencampuri urusan dalam negerinya, menurut media pemerintah China.

Kurangnya saluran komunikasi reguler dan terbuka antara dua ekonomi teratas dunia telah membuat kegelisahan di seluruh dunia, dan keengganan Beijing untuk terlibat dalam pembicaraan militer-ke-militer reguler dengan Washington telah membuat khawatir tetangga China.




TERBARU

[X]
×