Sumber: Reuters | Editor: Tri Sulistiowati
KONTAN.CO.ID - Boeing akan memangkas 17.000 pekerjaan, 10% dari tenaga kerja globalnya dan menunda pengiriman pertama pesawat 777X-nya selama setahun dan mencatat kerugian US$5 miliar pada kuartal ketiga, karena perusahaan terus terpuruk selama pemogokan karyawan.
CEO Kelly Ortberg mengatakan dalam sebuah pesan kepada karyawan bahwa pengurangan yang signifikan diperlukan untuk menyesuaikan dengan realitas keuangan perusahaan setelah pemogokan yang sedang berlangsung oleh 33.000 pekerja Pantai Barat AS menghentikan produksi jet 737 MAX, 767 dan 777.
"Kami mengatur ulang tingkat tenaga kerja kami agar selaras dengan realitas keuangan kami dan ke serangkaian prioritas yang lebih terfokus. Selama beberapa bulan mendatang, kami berencana untuk mengurangi jumlah total tenaga kerja kami sekitar 10 persen. Pengurangan ini akan mencakup para eksekutif, manajer dan karyawan," kata pesan Ortberg.
Perubahan ini merupakan langkah besar yang diambil Ortberg sebagai pimpinan Boeing.
Boeing mencatat biaya pendapatan sebelum pajak sebesar US$5 miliar untuk bisnis pertahanannya dan dua program pesawat komersial.
Baca Juga: Trump Bakal Berlakukan Hukuman Mati untuk Imigran yang Membunuh Warga Amerika
Pada tanggal 20 September, Boeing memecat kepala unit pertahanan dan antariksanya yang bermasalah, Ted Colbert.
Boeing, yang melaporkan pendapatan kuartal ketiga pada tanggal 23 Oktober, mengatakan dalam rilis terpisah bahwa mereka mengharapkan pendapatan sebesar US$17,8 miliar, rugi per saham sebesar US$9,97, dan arus kas operasi negatif yang lebih baik dari yang diharapkan sebesar US$1,3 miliar.
Menurut data LSEG, analis rata-rata memperkirakan Boeing akan menghasilkan pembakaran kas kuartalan sebesar negatif US$3,8 miliar.
Thomas Hayes, manajer ekuitas di Great Hill Capital, mengatakan melalui email bahwa PHK tersebut dapat menekan karyawan untuk mengakhiri pemogokan.
“Pekerja yang mogok kerja dan tidak memiliki gaji untuk sementara waktu tidak ingin menjadi pekerja yang menganggur dan tidak memiliki gaji secara permanen," kata Hayes.
"Saya memperkirakan pemogokan ini akan selesai dalam seminggu karena para pekerja ini tidak ingin mendapati diri mereka dalam gelombang pemutusan hubungan kerja berikutnya yang berjumlah 17.000 orang.”
Mencapai kesepakatan untuk mengakhiri penghentian kerja sangat penting bagi Boeing, yang mengajukan tuntutan praktik ketenagakerjaan yang tidak adil pada hari Rabu dengan menuduh serikat pekerja gagal berunding dengan itikad baik.
Lembaga pemeringkat S&P memperkirakan pemogokan ini merugikan Boeing US$1 miliar per bulan dan perusahaan berisiko kehilangan peringkat kredit investasi yang sangat berharga.
Ortberg juga mengatakan Boeing telah memberi tahu pelanggan bahwa mereka sekarang mengharapkan pengiriman pertama 777X pada tahun 2026 karena tantangan dalam pengembangan, jeda uji terbang, dan penghentian kerja.
Boeing telah menghadapi masalah dengan sertifikasi 777X yang telah secara signifikan menunda peluncuran pesawat tersebut.
"Sementara bisnis kami menghadapi tantangan jangka pendek, kami membuat keputusan strategis penting untuk masa depan dan memiliki pandangan yang jelas tentang pekerjaan yang harus kami lakukan untuk memulihkan perusahaan kami," tambah Ortberg.
Boeing akan mengakhiri program pesawat kargo 767 pada tahun 2027 saat menyelesaikan dan mengirimkan 29 pesawat yang tersisa yang dipesan, tetapi mengatakan produksi untuk Tanker KC-46A akan terus berlanjut.
Baca Juga: X Keluarkan Unilever Dalam Gugatan Antimonopoli Iklan
Perusahaan mengatakan sehubungan dengan pemutusan hubungan kerja, mereka akan mengakhiri program cuti bagi karyawan bergaji yang diumumkan pada bulan September.
Bahkan sebelum pemogokan dimulai pada tanggal 13 September, perusahaan telah menghabiskan uang tunai karena berjuang untuk pulih dari ledakan panel di udara pada bulan Januari pada pesawat baru yang mengungkap protokol keselamatan yang lemah dan mendorong regulator AS untuk mengekang produksinya.
Reuters melaporkan minggu ini bahwa Boeing sedang memeriksa opsi untuk mengumpulkan miliaran dolar melalui penjualan saham dan sekuritas seperti ekuitas.
Opsi-opsi ini termasuk menjual saham biasa serta sekuritas seperti obligasi konversi wajib dan ekuitas preferen, menurut sumber tersebut.
Salah satu sumber mengatakan bahwa mereka menyarankan kepada Boeing agar mengumpulkan sekitar US$10 miliar.
Perusahaan tersebut memiliki utang sekitar US$60 miliar dan membukukan kerugian arus kas operasi lebih dari Us$7 miliar untuk paruh pertama tahun 2024.
Analis memperkirakan bahwa Boeing perlu mengumpulkan antara US$10 miliar dan US$15 miliar untuk mempertahankan peringkatnya, yang sekarang satu tingkat di atas junk.
"Bagi kami yang telah mengamati Boeing dengan seksama, pengumuman perusahaan tentang keterlambatan pengiriman dan pengurangan tenaga kerja di semua tingkat manajemen dan ketenagakerjaan bukanlah hal yang mengejutkan karena cadangan kas dan kredit mereka menyusut," kata Michael Ashley Schulman, mitra di Running Point Capital Advisors.
"Peringkat kredit dan harga saham mereka telah terancam selama hampir satu dekade karena salah urus dan sikap keras kepala yang ditunjukkan dalam pemogokan mungkin menjadi pemicunya." tambahnya.
Baca Juga: Hubungan Makin Kuat, Putin Bertemu dengan Presiden Iran, Masoud Pezeshkian