kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Boeing tak dapat satupun pesanan pesawat baru di bulan lalu


Rabu, 15 Mei 2019 / 15:57 WIB
Boeing tak dapat satupun pesanan pesawat baru di bulan lalu

Sumber: CNN | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Produsen pesawat Boeing Co tidak mendapat pesanan baru pada bulan April. Kosongnya pesanan ini tidak hanya terjadi pada tipe 737 Max yang dikandangkan sejak Maret lalu.

Dilansir CNN, sejumlah pesawat jet Boeing lainnya, seperti 787 Dreamliner atau 777, juga tidak mendapatkan pesanan baru bulan lalu.


Sebelumnya Boeing melaporkan masih ada beberapa pesanan jet pada akhir Maret. Di antaranya dari Lufthansa yang memesan 20 pesawat 787, dan British Airways yang memesan 18 unit Boeing 777X.

Sejauh ini, tak ada laporan gangguang dari berbagai maskapai terhadap pesawat buatan Boeing selain dari 737 Max. "Tapi masalah 737 Max bisa jadi alasan maskapai menahan pesanan untuk jet lain," kata Philip Baggaley, analis untuk sektor transportasi untuk Standard & Poor's.

Baggaley menilai kalangan maskapai menahan diri untuk menentukan apakah Boeing akan menurunkan harga akibat masalah yang menimpa 737 Max. "Mungkin maskapai bisa mendapat harga yang lebih murah di masa depan," ungkapnya.

Eksekutif dari beberapa maskapai, termasuk Norwegian Air dan United Airlines (UAL), mengatakan mereka berharap bisa mencapai kesepakatan dengan Boeing mengenai beberapa bentuk kompensasi sebagai akibat dari dikandangkannya pesawat 737 Max yang mereka miliki.

Namun di kasus 737 Max, analis dari Grup Teal Richard Aboulafia menilai bahwa industri pesawat di awal tahun ini memang sedang loyo. Pasalnya kinerja kompetitor utama Boeing yakni Airbus, juga melempem.


Tag


TERBARU

Close [X]
×