Bos KakaoTalk Kim Beom-su masih bertahan di jajaran orang terkaya di Korea Selatan

Senin, 19 Oktober 2020 | 10:32 WIB Sumber: Forbes
Bos KakaoTalk Kim Beom-su masih bertahan di jajaran orang terkaya di Korea Selatan

ILUSTRASI. Kim Beom-su, founder dan chairman Kakao Corps, induk perusahaan aplikasi chatting populer KakaoTalk.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengelola aplikasi chatting paling populer di Korea Selatan berhasil membuat Kim Beom-su masuk dalam jajaran orang terkaya di Korea Selatan saat ini.

Berdasarkan data dari Forbes, saat ini Kim Beom-su ada di posisi ke-5 dalam daftar orang terkaya di Korea Selatan. Per tanggal 18 Oktober 2020, kekayaan Kim Beom-su tercatat sebesar US$ 7,3 miliar, naik sekitar US$ 25 juta dari hari sebelumnya.

Menjadi salah satu orang terkaya di Korea Selatan, Kim Beom-su adalah founder sekaligus chairman dari Kakao, induk perusahaan aplikasi chatting terbesar di Korea Selatan, KakaoTalk. Forbes mencatat, aplikasi KakaoTalk sudah terpasang pada 90% ponsel warga Negeri Ginseng.

Tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi berkirim pesan, KakaoTalk kini mulai berkembang dengan menyediakan fitur gaming bahkan shopping di dalamnya. Membuatnya menjadi aplikasi yang sangat praktis.

Pada tahun 2014, pemerintah Korea Selatan mengklasifikasikan Kakao sebagai perusahaan besar, membuatnya menjadi startup teknologi pertama yang berhasil mencapai level ini.

Baca Juga: Punya segudang manfaat, teknologi QR Code dianugerahi penghargaan internasional

Profil Kim Beom-su

Kim lahir di Seoul pada tahun 1966. The Investor mencatat bahwa Kim berasal dari keluarga miskin yang beranggotakan 8 orang. 

Sebelum menjadi salah satu orang terkaya di Korea Selatan, Kim menempuh pendidikan di Seoul National Universitydan memperoleh gelar sarjana dan master di bidang teknik industri.

Berikutnya, Kim mulai bekerja di Samsung SDS. Ia masuk di tahun yang sama dengan Lee Hae-jin yang kelak menjadi founder sekaligus chairman dari Naver, mesin pencari digital paling populer di Korea Selatan.

Baca Juga: Pemilik resto Haidilao, Zhang Yong, masih jadi orang terkaya di Singapura

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru