kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45768,83   4,23   0.55%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Brexit mendorong produsen mobil Inggris untuk memacu produktivitas


Kamis, 26 September 2019 / 16:50 WIB
Brexit mendorong produsen mobil Inggris untuk memacu produktivitas
ILUSTRASI. Pabrik mobil NISSAN di Inggris

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - LONDON. Produksi mobil Inggris akhirnya tercatat positif pada Agustus 2019. Mengutip Bloomberg pada Kamis (26/9). Hal ini terjadi lantaran para produser memacu jumlah produksi sebelum tenggat waktu Inggris Keluar dari Uni Eropa (Brexit).

Output produksi kendaraan naik 3,3% menjadi 92.158 unit. Pencapaian ini tercatat sebagai kenaikan pertama dalam 15 bulan terakhir. Hal ini sampaikan Asosiasi Manufaktur dan Penjualan Motor mengatakan dalam sebuah pernyataan Kamis (26/9). 

Baca Juga: Perang dagang mereda kian nyata, China siap membuat kemajuan dengan AS

Kendari mengalami kenaikan secara bulanan, hasil produksi ini secara year-to-date masih turun 17% atau hampir 180.000 unit.

"Meskipun pertumbuhan selalu disambut baik, angka hari ini menutupi tren penurunan yang mendasari dan penguatan tantangan global yang dihadapi sektor ini," kata Kepala Eksekutif SMMT Mike Hawes.

Lanjut Ia industri ini tengah menghadapi ketegangan perdagangan internasional, pergolakan dari peralihan ke mobil listrik dan ancaman keputusan Tidak ada kesepakatan Brexit.

Perusahaan-perusahaan termasuk Jaguar Land Rover Automotive Plc, Honda Motor Co dan BMW AG memajukan penghentian produksi tahunan hingga April untuk membantu mengatasi gangguan rantai pasokan potensial dari perpecahan tanpa kesepakatan antara Inggris dan Eropa. 

Baca Juga: AS jatuhkan sanksi ke Tiongkok, China: Kerjasama dengan Iran adalah sah dan legal!

Upaya mereka terbukti sia-sia ketika tanggal Brexit diubah dari 29 Maret menjadi 31 Oktober 2019. Penundaan tenggat waktu ini diambil setelah parlemen gagal menyetujui persyaratan Brexit.

Dengan kurang dari enam minggu sebelum tenggat waktu keluar yang telah direvisi, SMMT meminta politisi untuk melipatgandakan upaya untuk mengamankan kesepakatan yang mempertahankan perdagangan tanpa gesekan. 

Komentar itu muncul setelah kelompok itu bergabung dengan lebih dari 20 organisasi perdagangan Eropa untuk memperingatkan bahwa perpecahan tanpa kesepakatan yang memaparkan pembuat mobil AS terhadap tugas-tugas Organisasi Perdagangan Dunia dapat menaikkan biaya sebesar € 5,7 miliar atau setara dengan $ 6,2 miliar.

Baca Juga: AS dan Jepang teken kesepakatan perdagangan terbatas, otomotif dibahas belakangan


Tag

TERBARU

[X]
×