kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Budaya kerja 996 dinyatakan ilegal di China, apakah itu?


Senin, 30 Agustus 2021 / 06:00 WIB
Budaya kerja 996 dinyatakan ilegal di China, apakah itu?


Sumber: Yahoo Finance | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pengadilan tinggi China telah mengeluarkan peringatan keras terhadap budaya kerja "996" yang berlebihan di negara itu, dengan mengatakan bahwa kebijakan budaya kerja lembur adalah ilegal.

Melansir Yahoonews yang mengutip The Independent, dalam apa yang disebut sebagai jam hukuman, beberapa perusahaan China mengandalkan "996", yakni bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam selama enam hari dalam seminggu.

Mahkamah Agung China pada hari Jumat (27/8/2021) mengatakan bahwa "996" adalah pelanggaran serius terhadap undang-undang perburuhan Tiongkok sehubungan dengan jam kerja maksimum. 

Pengadilan, bersama dengan Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial, menerbitkan memo berisi 10 contoh yang jelas tentang apa yang dianggapnya sebagai pelanggaran di tempat kerja, dengan beberapa di antaranya mengakibatkan kematian karyawan yang bekerja terlalu keras. 

Baca Juga: Investor Cemas Melihat Ekonomi AS dan China

Kasus-kasus itu sebagian besar diambil dari perusahaan teknologi — sektor yang terutama terlihat mempromosikan jam kerja yang diduga membahayakan pekerja.

The Independent memberitakan, dalam salah satu kasus yang dikutip oleh pengadilan, seorang staf media pingsan di toilet kantor pada dini hari. Pekerja itu kemudian meninggal karena gagal jantung dan kematian itu disebut sebagai "terkait pekerjaan". Pengadilan memerintahkan perusahaan untuk membayar keluarga korban kompensasi sekitar 400.000 yuan (US $83.500), lapor The Strait Times.

Dalam kasus lain, seorang karyawan yang bekerja dengan perusahaan kurir dipecat setelah mereka menentang jadwal kerja 996 yang ditetapkan perusahaan, menurut sebuah laporan oleh Protocol.

Baca Juga: Akibat ketidakpastian global, ekonomi China dan Amerika Serikat tertekan

Di bawah undang-undang perburuhan China yang ada, jam lembur seseorang tidak boleh melebihi 36 jam per bulan. Tetapi jika seorang karyawan melewati jadwal 996, lembur bulanan dapat menyentuh 128 jam kerja ekstra.

Industri teknologi China telah lama berjuang untuk kebijakan kerja kasar "996" dengan beberapa menunjukkan penerimaan yang meningkat terhadap kebijakan ini.

Tokoh teknologi utama Jack Ma mengatakan bahwa kebijakan tersebut harus dilihat sebagai "berkah". “Dapat bekerja di 996 adalah kebahagiaan besar,” kata Ma suatu kali, lapor The Strait Times.

“Jika Anda ingin bergabung dengan Alibaba, Anda harus siap bekerja 12 jam sehari. Kalau tidak, mengapa repot-repot bergabung?” kata Ma.

Baca Juga: China akan segera melampaui Rusia sebagai ancaman nuklir utama AS

Sejumlah perusahaan di Silikon Valley telah mengatakan bahwa kebijakan "996" memberi China keunggulan kompetitif atas saingan utamanya AS.

Namun, aturan tersebut mendapatkan kritik tajam setelah mendapat sorotan publik karena jam kerja di industri teknologi yang memicu perdebatan.

Kematian dua pekerja menandai titik balik atas jam kerja tersebut. Dalam satu kasus, seorang wanita pingsan dalam perjalanan pulang dari kerja pada pukul 1.30 pagi dan tidak dapat diresusitasi. Dalam kasus lain, seorang karyawan meninggal karena bunuh diri.

Karena reaksi publik, beberapa perusahaan teknologi memutuskan untuk memangkas jam kerjanya. Termasuk di dalamnya pemilik TikTok ByteDance yang mengumumkan keputusannya untuk mengakhiri kebijakan lembur akhir pekan mulai 1 Agustus. Dua minggu sebelumnya, saingan video Kuaishou juga telah mengambil langkah serupa.

Selanjutnya: IPO di pasar Asia mulai dilirik asing usai penawaran perusahaan China melambat




TERBARU

[X]
×