kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buffett: The Fed adalah hedge fund terbesar AS


Senin, 23 September 2013 / 12:17 WIB
Buffett: The Fed adalah hedge fund terbesar AS
ILUSTRASI. 400 Primogem Menanti, Reward Genshin Impact Penundaan Versi 2.7 Sudah Bisa Diklaim


Sumber: The Economic Times |

WASHINGTON. Miliarder dunia, Warren Buffett mengibaratkan The Federal Reserve sebagai hedge fund karena kemampuannya mengambil keuntungan dari program stimulus berupa quantitative easing (QE).

Dari program pembelian obligasi itu, Bank Sentral Amerika Serikat (AS) berhasil menambah neraca lebih dari US$ 3 triliun.

"The Fed adalah hedge fund terbesar sepanjang sejarah," kata Buffet, Sabtu, di Georgetown University, Washington.

Menurut hitungan Buffet, dari program QE, pendapatan pemerintah AS bertambah antara US$ 80 miliar hingga US$ 90 miliar setiap tahun. "Dan itu tidak terjadi beberapa tahun sebelumnya," jelasnya.

The Fed, memborong obligasi senilai US$85 miliar per bulan untuk memulihkan perekonomian AS dari resesi terburuk.

Ketua The Fed, Ben S Bernanke dan pembuat kebijakan federal lainnya pekan lalu memutuskan untuk mempertahankan rencana pembelian obligasi senilai US$ 85 miliar per bulan karena data ekonomi AS belum cukup tangguh.

"The Fed tidak dalam kondisi tertekan, tidak ada yang harus buru-buru dikurangi," menurut Buffett.

Menurutnya, dalam program pengurangan stimulus, Bank Sentral AS bisa menentukan waktu sendiri.

"Jika anda mengenal orang yang cukup bijaksana dalam memberi kebijakan, saya pikir orang itu adalah Bernanke," nilai Buffet pada Ketua The Fed.

Baginya, siapa pun pengganti Bernanke harus memiliki kecakapan yang sama. Tak cukup mudah mengambil keputusan dalam situasi Amerika seperti saat ini. "Dan ini sangat menarik untuk diamati," kata Buffet.

Bernanke mengarahkan Fed melalui krisis 2008 dan masa jabatannya akan berakhir pada Januari 2013. Presiden Barack Obama belum melempar sinyal ke pasar, siapa pengganti Bernanke di periode selanjutnya.

Pengganti Bernanke

Sumber eksekutif yang dekat dengan Obama membisikkan, Wakil Ketua The Fed, Janet Yellen adalah kandidat yang sangat dijagokan setelah mantan Menteri Keuangan Lawrence Summers mengundurkan diri dari bursa pencalonan ketua bank sentral. Presiden juga dikabarkan sedang menimbang nama mantan Wakil Ketua The Fed lainnya, Donald Kohn.

Buffett memuji kemampuan Bernanke dalam menstabilkan pasar sejak krisis 2008. "Dia bilang masih akan melakukan stimulus sampai ia banyak melihat berbaikan perekonomian. Namun sepertinya dia kecewa dengan perkembangan data ekonomi beberapa tahun terakhir," kata Buffett.

Informasi, Buffett yang saat ini berusia 83 tahun menjadi orang terkaya keempat dengan membangun Omaha Berkshire Hathaway yang berbasis di Nebraska. Perusahaannya mengelola duit senilai US$ 289 miliar. Sebagai CEO sekaligus pemegang saham terbesar, ia berhasil mengubah produsen tekstil gagal menjadi operator di bisnis asuransi hingga rel kereta api yang besar.




TERBARU

[X]
×