kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,03   5,39   0.58%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukan AS, kapal selam terbesar di dunia ada di tangan Rusia


Rabu, 09 September 2020 / 03:24 WIB
Bukan AS, kapal selam terbesar di dunia ada di tangan Rusia


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jika bicara tentang kekuatan militer sebuah negara, nama Rusia rasanya tidak bisa dilupakan. Saat ini Rusia berada di peringkat kedua dunia sebagai negara dengan kekuatan militer terbesar menurut Global Fire Power. 

Salah satu armada militer yang menjadi unggulan Rusia saat ini adalah kapal selam Typhoon Class yang juga merupakan kapal selam terbesar di dunia saat ini.

Typhoon memiliki bobot lebih dari 48.000 ton dan merupakan kelas kapal selam terbesar di dunia. Dikutip dari Naval Technology, kapal selam terbesar di dunia ini bertenaga nuklir dan dilengkapi dengan rudal balistik.

Unit Dmitry Donskoy, merupakan unit pertama yang diluncurkan dari kelas ini. Unit pertama dari kapal selam terbesar di dunia ini ditugaskan pada tahun 1981 dan sampai saat ini masih aktif ditugaskan oleh Angkatan Laut Rusia.

Sejauh ini Rusia sudah pernah menugaskan 4 unit kapal selam dari kelas Typhoon, yakni Dmitriy Donskoy, Simbirsk, Arkhangelsk, dan Severstal.

Baca Juga: Lagi, Rusia kerahkan jet tempur MiG-31 cegat pesawat patroli Norwegia

Spesifikasi kapal selam Typhoon Class

Secara dimensi, kapal selam dari kelas Typhoon ini memiliki panjang hingga 175 meter, lebar 23 meter, dan tinggi sekitar 12 meter. Angka-angka tersebut rasanya sudah cukup menggambarkan betapa besarnya kapal selam yang satu ini.

Kapal selam terbesar di dunia ini digerakkan oleh dua reaktor nuklir, dua turbin uap dengan 50.000 hp dan empat turbogenerator 3.2000 KW. Dengan dukungan tenaga ini, kapal selam kelas Typhoon mampu "berenang" dengan kecepatan 22,2 knot di permukaan dan 27 knot di bawah air.

Baca Juga: Hari ini dalam sejarah: Jerman menginvasi Polandia, menjadi awal mula Perang Dunia II




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×