Hari ini dalam sejarah: Jerman menginvasi Polandia, menjadi awal mula Perang Dunia II

Selasa, 01 September 2020 | 07:36 WIB Sumber: History
Hari ini dalam sejarah: Jerman menginvasi Polandia, menjadi awal mula Perang Dunia II

ILUSTRASI. Pemimpin Jerman, Adolf Hitler, memobilisasi tentara di tengah Perang Dunia II.

KONTAN.CO.ID - WARSAWA. Perang Dunia II jadi salah satu momen paling bersejarah abad ini. Jerman jadi negara yang paling aktif dan cukup mendominasi pada perang ini.

Tepat hari ini 81 tahun lalu, Jerman memulai invasinya ke Polandia. Sekitar pukul 4:45 pagi, sekitar 1,5 juta pasukan Jerman menginvasi Polandia. Bersamaan dengan itu, Luftwaffe, Angkatan Udara Jerman, mengebom lapangan udara Polandia, kapal perang dan U-boat Jerman menyerang pasukan angkatan laut Polandia di Laut Baltik.

Pemimpin Jerman saat itu, Adolf Hitler, mengklaim invasi besar-besaran tersebut merupakan tindakan defensif. Sayangnya, Inggris dan Perancis meragukan klaim tersebut, dan pada tanggal 3 September mereka menyatakan perang terhadap Jerman.

Baca Juga: Hari ini dalam sejarah: Pemimpin Uni Soviet Vladimir Lenin lolos dari pembunuhan

Bagi Hitler, penaklukan Polandia saat itu akan membawa Lebensraum, atau "ruang hidup" bagi rakyat Jerman. Hitler yang selalu menganggap orang Jerman lebih unggul secara rasial akan menjajah wilayah tersebut dengan orang-orang Slavia sebagai budaknya.

Jerman sudah memulai invasinya ke beberapa wilayah Eropa sejak tahun 1938. Dimulai dari aneksasi Austria dan dilanjutkan dengan pendudukan Sudetenland. Sebelum menuju Polandia, Jerman lebih dulu menduduki seluruh wilayah Cekoslowakia.

Aneksasi ke beberapa wilayah tersebut dilakukan dengan cukup damai sehingga tidak direspons oleh negara-negara besar. Atas dasar itulah Hitler berharap bahwa invasinya ke Polandia juga akan berjalan dengan baik.

Untuk menutup kemungkinan datangnya Uni Soviet membantu Polandia, Jerman lebih dulu menandatangani pakta non-agresi dengan Uni Soviet pada tanggal 23 Agustus 1939.

Bukan hanya menghindari Uni Soviet, Jerman juga telah menyiapkan siasat untuk mencegah intervensi Inggris. Hiter mengeluarkan propaganda dan informasi yang salah, menuduh penutur bahasa Jerman dianiaya di Polandia timur.

Baca Juga: Hari ini dalam sejarah: China menyatakan perang terhadap Jerman

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru