kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%

Bukan India, Presiden Maladewa Pilih China dalam Kunjungan Kenegaraan Setelah Naik


Minggu, 07 Januari 2024 / 06:03 WIB
Bukan India, Presiden Maladewa Pilih China dalam Kunjungan Kenegaraan Setelah Naik
ILUSTRASI. Bukan ke negara tetangga India, setelah lawatan perdana ke Turki, Presiden Maladewa, Mohamed Muizzu, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke China mulai 8 hingga 12 Januari 2024 esok. Foto : Twitter X @MMuizzu


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID -  NEW DELHI - Presiden Maladewa, Mohamed Muizzu, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke China mulai 8 hingga 12 Januari esok. Hal ini terungkap dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri China pada Jumat (5/1). 

Kunjungan Presiden Maladewa ini  menjadi penting karena dianggap penghinaan terhadap tetangga besar negara kepulauan itu, India. Selama ini negara kepulauan tersebut memang tergantung dengan India sebagai tetangga dekat.

Hanya saja beberapa panggilan Reuters ke Kementerian Luar Negeri dan Kantor Kepresidenan Maldives di Male pada hari Jumat – akhir pekan di Maladewa untuk mengkonfirmasi perjalanan presiden tersebut belum terjawab.

Presiden Muizzu, mengambil alih jabatan presiden negara di Samudra Hindia yang terdiri dari lebih dari seratus pulau yang dipenuhi resor mewah itu pada bulan November 2023. 

Ia mengeluarkan janji dalam pemilu untuk memindahkan kontingen kecil yang terdiri dari sekitar 75 personel militer India di negara tersebut dan menjadi orang pertama yang mengubah "kebijakan Maladewa" tentang India.

Saat diminta memberikan komentar pada hari Kamis tentang rencana kunjungan kenegaraan Presiden Muizzu ke China, New Delhi mengatakan masalah tersebut berada di luar kendali mereka.

“Merekalah yang memutuskan ke mana mereka akan pergi, dan bagaimana mereka akan melakukan hubungan internasional,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India Randhir Jaiswal. Ia menyatakan bahwa hingga saat ini tidak mendapat informasi terbaru mengenai rencana pemindahan personel militer India dari pulau-pulau tersebut.

Sebagai gambaran saat ini New Delhi dan Beijing sama-sama tengah bersaing untuk mendapatkan pengaruh di wilayah tersebut. Namun pemerintahan baru Maladewa yang dipimpin Presiden Muizzu dianggap condong ke arah China.

Apalagi menurut data terbaru Dana Moneter Internasional (IMF) saat ini Maladewa berutang kepada China sekitar US$ 1,3 miliar. China telah menjadi kreditor eksternal terbesar di Maladewa, dan menyumbang sekitar 20% dari total utang publiknya.

"Presiden Muizzu tampaknya enggan untuk terus melibatkan India. Tindakannya tampaknya ditujukan untuk menciptakan jarak antara Male dan New Delhi. Dia juga tampaknya tertarik pada persahabatan yang erat dengan China, yang seharusnya menjadi perhatian bagi India," Abhijit Singh, kepala Inisiatif Kebijakan Maritim kata di lembaga pemikir Observer Research Foundation yang berbasis di New Delhi.

“Perjalanan Presiden ke Beijing, sebelum kunjungan ke New Delhi, adalah sebuah sinyal – sejelas apapun – bahwa India tidak mendapatkan prioritas pada rezim ini.”

Berbeda dengan kebanyakan pendahulunya yang pertama kali mengunjungi India setelah terpilih. Namun Muizzu memilih kunjungan ke Turki sebagai pelabuhan kunjungan internasional pertamanya. 

Meskipun demikian, Muizzu kemudian bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi di Uni Emirat Arab di sela-sela pertemuan tingkat tinggi COP28. Kedua negara telah membentuk kelompok inti untuk membahas penarikan pasukan India.

Menteri Luar Negeri AS Antony J. Blinken berbicara dengan Menteri Luar Negeri Zameer pada hari Kamis, kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

“Menteri menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat untuk memperkuat kerja sama dengan Maladewa, mitra utama di kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, aman, dan sejahtera,” katanya.




TERBARU

[X]
×