Bukan Uang, Ini Kunci kebahagiaan Warren Buffett

Senin, 07 November 2022 | 09:00 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Bukan Uang, Ini Kunci kebahagiaan Warren Buffett


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Miliarder dunia Warren Buffett, memiliki banyak hal untuk disyukuri. Dia saat ini masuk dalam jajaran lima besar orang terkaya di dunia.

Akan tetapi, Warren Buffett mengatakan bahwa kesuksesan finansialnya bukanlah akar dari kebahagiaannya. Melainkan karena dia menikmati pekerjaannya dan orang-orang yang dicintainya.

“Saya tidak bisa membeli waktu, saya tidak bisa membeli cinta tetapi saya bisa melakukan hal lain dengan uang, cukup banyak. Dan mengapa saya bangun setiap hari dan melompat dari tempat tidur dan saya bersemangat di usia 88? Itu karena saya mencintai apa yang saya lakukan dan mencintai orang-orang yang melakukannya dengan saya,” kata Warren Buffett seperti yang dikutip dari CNBC.

Dia menambahkan, “Saya punya 25 orang di sini [di Berkshire]. Kami pergi ke pertandingan bisbol bersama. Mereka mencoba dan membuat hidup saya baik, saya mencoba dan membuat hidup mereka baik,” kata Warren Buffett.

“Saya berlibur setiap hari. Jika ada tempat lain yang ingin saya kunjungi, saya akan pergi ke sana,” terangnya lagi.

Baca Juga: 5 Petuah Warren Buffett Soal Investasi di Masa Sulit, Bisa Dicontek

Memang, Warren Buffett sebelumnya mengatakan kepada "Squawk Box" CNBC bahwa mengandalkan uang untuk membuat Anda bahagia tidak berhasil.

"Bahkan uang US$ 1 juta tidak akan membuat Anda bahagia, itu tidak akan terjadi, karena dengan begitu kebahagiaan Anda akan menghilang ketika Anda "melihat-lihat" dan "melihat orang-orang dengan US$ 2 juta," katanya.

Faktanya, kata Warren Buffett, bahkan ketika dia baru saja lulus sekolah dengan hanya memiliki uang US$ 10.000, dia bahagia karena dia bersenang-senang.

Dan itu, lanjutnya, tetap benar hari ini. 

"Ini adalah istana kesenangan di sini," katanya kepada Financial Times tentang rumahnya di Berkshire Hathaway. 

“Saya lebih bersenang-senang di sini daripada yang saya pikir dialami oleh setiap orang berusia 88 tahun, secara virtual, di dunia,” imbuhnya.

Baca Juga: Tak Ada Orang yang Sempurna, Warren Buffett juga Pernah Bikin Kesalahan Besar

Sementara, mengutip Financial Express, Warren Buffett menjelaskan bahwa kebahagiaan tidak boleh ditentukan oleh kekurangan Anda atau seberapa cepat Anda menghasilkan uang. 

Bahkan menggandakan kekayaan bersih Anda tidak akan membuat Anda lebih bahagia. 

Pada tahun 2017, Warren Buffett pernah mengatakan bahwa dia akan puas mendapatkan US$ 100.000 per tahun karena dia sudah memiliki investasi yang membuatnya puas: sebuah rumah yang dia beli pada tahun 1958, di mana pengusaha legendaris itu masih tinggal di dalamnya hingga saat ini.

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru