kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,39   -1,11   -0.13%
  • EMAS947.000 1,07%
  • RD.SAHAM -0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cerai setelah 27 tahun bersama, ini perjalanan cinta Bill dan Melinda Gates


Selasa, 04 Mei 2021 / 09:49 WIB
Cerai setelah 27 tahun bersama, ini perjalanan cinta Bill dan Melinda Gates
ILUSTRASI. Cerai setelah 27 tahun bersama, ini kisah perjalanan cinta Bill dan Melinda Gates. REUTERS/Pearl Gabel/File Photo


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Bill Gates mengumumkan perceraiannya dengan Melinda setelah 27 tahun lamanya menjalani kehidupan rumah tangga. 

Bersumber dari Forbes, hampir dua tahun setelah perceraian orang terkaya di dunia, Jeff Bezos dan MacKenzie Bezos, Bill dan Melinda Gates memutuskan untuk bercerai. 

Berita ini cukup mengejutkan karena pasangan filantropi ini dikenal harmonis dan jauh dari berita-berita miring. Bahkan baik Bill Maupun Melinda sering menunjukkan kekaguman pada masing-masing pasangan. 

Bill dan Melinda acap kali membagikan bagaimana mereka saling menghormati dan bekerjasama baik dalam rumah tangga maupun saat bekerja di yayasan yang mereka dirikan. 

Melalui cuitan di Twitter miliknya (3/5), Gates menyampaikan bahwa dia dan sang istri memutuskan untuk berpisah. Dalam cuitannya, Bill mengatakan ia dan Melinda sudah tidak bisa lagi hidup bersama sebagai pasangan. 

Meskipun tidak lagi terikat sebagai pasangan suami istri, Bill dan Melinda sepakat untuk tetap bekerja bersama di yayasan yang mereka dirikan. 

Gates juga meminta masyarakat memberikan ruang privasi berkaitan dengan kehidupan mereka yang baru. 

Baca Juga: 7 Hal ini yang membuat Warren Buffett sukses jadi miliarder dan layak untuk ditiru

Pertemuan pertama di Microsoft

Bill dan Melinda, melansir dari Business Insider, pertama kali bertemu saat mereka masih bekerja di Microsoft. 

Mereka pertama kali bertemu pada tahun 1987, saat Melinda bekerja di perusahaan milik Bill sebagai produk manager. Pada saat itu Melinda baru empat bulan bekerja dan mereka bertemu di New York saat makan malam perusahaan. 

Beberapa bulan setelah pertemuan pertama mereka, Bill mengajak Melinda untuk berkencan. Awalnya Melinda menolak sebelum akhirnya memutuskan untuk menerima ajakan Bill untuk berkencan. 

Mereka berpacaran selama 7 tahun lamanya sebelum memutuskan menikah pada 1 Januari 1994 di Pulai Lanai, Hawaii.  

Acara pernikahan mereka diselenggarakan tertutup, bahkan Bill menyewa seluruh kamar hotel dan helikopter lokal untuk mencegah adanya tamu tidak diundang. 

Pasangan ini memiliki dua anak perempuan dan satu anak laki-laki. Bill terkenal dengan pola asuhnya yang tidak mengizinkan putra dan putrinya memiliki ponsel hingga umur 14 tahun. 

TED menulis, Gates tidak memberikan banyak warisan kepada anak-anak mereka. 

Bill mengatakan jika warisan yang dia berikan cukup untuk mereka melakukan apapun namun tidak terlalu banyak sehingga mereka bisa berfoya-foya tanpa melakukan pekerjaan. 

Dirikan yayasan kemanusiaan non-profit bersama

Pasangan Bill dan Melinda memiliki ketertarikan yang sama terhadap kemanusiaan. Hal inilah yang membuat mereka mendirikan yayasan kemanusiaan bernama The Bill & Melinda Gates Foundation. 

Akar dari berdirinya organisasi ini berasal dari perjalanan Bill dan Melinda ke Afrika pada tahun 1993 setelah mereka bertunangan. 

Saat itu, pasangan ini melihat bagaimana masyarakat masih banyak yang hidup di garis kemiskinan. Melihat fakta ini, Bill dan Melinda kemudian berdiskusi bagaimana cara berbagi dengan kekayaan yang mereka miliki. 

Menurut Melinda, sangat tidak adil jika mereka (Bill dan Melinda) memiliki banyak sekali harta namun masih banyak jutaan masyarakat yang hidup dalam garis kemiskinan. 

Bersumber dari Forbes, organisasi amal milik Bill dan Melinda didirikan pada tahun 2000 dan fokus pada peningkatan kesehatan dan kesetaraan hidup masyarakat dunia. 

Bill Gates memutuskan untuk fokus menjalankan yayasan miliknya dan mundur sebagai CEO Microsoft pada tahun 2008. 

The Bill & Melinda Gates Foundation terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dunia. Saat pandemi Covid-19 pecah pada tahun 2020 lalu, yayasan ini menyumbangkan sebanyak US$ 1,75 miliar untuk penanganan virus Corona. 

Tercatat per Januari 2021, Bill dan Melinda telah menyumbangkan kekayaan mereka sebanyak US$ 29 miliar untuk kemanusiaan. 

Selanjutnya: Bill Gates dan Melinda Gates bercerai, dunia filantropi terguncang




TERBARU

[X]
×