kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cerita warga Wuhan: Vlogger menghilang tiba-tiba, ada yang terkenal gara-gara TikTok


Rabu, 12 Februari 2020 / 12:20 WIB
Cerita warga Wuhan: Vlogger menghilang tiba-tiba, ada yang terkenal gara-gara TikTok
ILUSTRASI. Seorang wanita mengenakan masker di Shanghai, China. REUTERS/Aly Song


Sumber: Time,South China Morning Post | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Ditutupnya kota Wuhan sejak kasus virus corona mewabah memiliki cerita tersendiri bagi sejumlah warga Wuhan. Seorang vlogger China bernama Chen Qiushi, menceritakan kisah pilu penduduk kota Wuhan sejak pemerintah China mengunci kota itu sejak tiga minggu lalu.

Melansir Time, Chen merupakan blogger video berusia 34 tahun yang cukup vokal dalam menceritakan kondisi Wuhan yang sebenarnya. Dia juga kerap menentang monopoli informasi yang dikontrol ketat oleh Partai Komunis yang kini tengah berkuasa di China.

Dalam kurun waktu dua pekan, Chen sudah membuat 100 video dari Wuhan. "Kenapa saya disini? Saya telah menyatakan bahwa itu adalah tugas saya untuk menjadi citizen-journalist. Jurnalis macam apa jika kamu tidak berani bergegas ke garis depan dalam bencana?" katanya seperti yang dikutip Time.

Baca Juga: Virus corona dapat menginfeksi 60% populasi dunia jika tidak bisa dikendalikan

Dalam sebuah postingan yang menarik perhatian banyak orang,  dia menunjukkan bagaimana orang sakit dijejalkan ke koridor rumah sakit tanpa ada tindak lanjut. Video itu juga menunjukkan sulitnya perjuangan warga untuk mendapatkan perawatan.

Postingan dan vlog Chen, atau blog video, menarik perhatian polisi China. Dalam sebuah posting video yang menyedihkan di akhir minggu pertamanya di Wuhan, dia mengatakan polisi telah memanggilnya, ingin tahu di mana dia berada, dan menanyai orangtuanya.

Sejak pekan lalu, tak ada lagi postingan dari Chen. Akhirnya, sang ibu angkat bicara. Dia mengatakan Chen tidak bisa dijangkau dan memohon bantuan untuk menemukannya.

Baca Juga: Petugas karantina terinfeksi, kasus corona di Diamond Princess melonjak jadi 175

Malam itu, teman Chen yang merupakan seniman bela diri martial art terkenal Xia Xiaodong mengatakan dalam siaran langsung di YouTube bahwa Chen telah dikarantina secara paksa selama 14 hari. Padahal, Chen sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda terinfeksi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×