kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,55   -16,97   -1.81%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chevron tanam investasi ke startup pengembang energi nuklir Zap Energy


Kamis, 13 Agustus 2020 / 10:18 WIB
Chevron tanam investasi ke startup pengembang energi nuklir Zap Energy


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Perusahaan minyak raksasa, Chevron Corp, pada hari Rabu (12/8), mengumumkan bahwa mereka telah resmi menanamkan investasi ke sebuah startup pengembang teknologi fusi nuklir bernama Zap Energy Inc.

Dengan ini, Chevron bergabung dengan dua perusahaan lainnya, yakni ENI dari Italia dan perusahaan minyak Norwegia, Equinor. Ketiga perusahaan yang bergerak di bidang energi ini memiliki misi yang sama untuk mengurangi emisi karbon.

Zap Energy telah mengumpulkan US$ 6,5 juta dari sejumlah pembiayaan Seri A pada 12 Juli lalu berdasarkan data dari Crunchbase.

Dikutip dari Reuters, keputusan Chevron yang mulai berani masuk ke dunia nuklir merupakan desakan dari para investornya. Para investor menghendaki Chevron untuk mulai menyediakan sumber energi baru yang rendah emisi.

Bukan hanya perusahaan energi, saat ini para investor mulai sadar akan upaya untuk mengurangi emisi dengan membelanjakan lebih banyak anggaran untuk sumber energi rendah karbon. Mereka juga sadar bahwa produksi bahan bakar fosil bisa berdampak pada perubahan iklim.

Baca Juga: Chevron gaet kilang Noble Energy di Israel

"Investasi Chevron Technology Ventures dalam bidang fusi nuklir adalah peluang untuk meningkatkan fokus perusahaan pada beragam portofolio sumber daya energi rendah karbon," ungkap Chevron dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari Reuters.

Sayangnya Chevron tidak mengungkapkan detail nilai investasi yang ditanamkan pada Zap Energy, termasuk jangka waktu serta program apa yang akan dicapai dalam waktu dekat.

Fusi nuklir saat ini sedang menjadi perhatian negara-negara karena dinilai bisa menjadi titik awal terciptanya sumber energi baru yang lebih efektif dan efisien. Pemanfaatan nuklir melalui proses fusi sanggup melepaskan engeri dalam jumlah besar tanpa emisi gas rumah kaca dan limbah radioaktif.

Proyek fusi nuklir terbesar di dunia segera berdiri di Perancis




TERBARU

[X]
×