kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

China: 6 petugas kesehatan jadi korban tewas virus corona


Sabtu, 15 Februari 2020 / 14:07 WIB
China: 6 petugas kesehatan jadi korban tewas virus corona
ILUSTRASI. Petugas kesehatan di China. China Daily via REUTERS

Sumber: AFP,Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Para pejabat kesehatan China mengungkapkan, enam petugas kesehatan telah meninggal akibat virus korona baru di China. Melansir AFP, lebih dari 1.700 orang telah terinfeksi. Kondisi ini menggarisbawahi risiko yang diambil para dokter dan perawat karena kurangnya alat pelindung.

Kondisi ini terjadi selang seminggu setelah kemarahan publik meletus atas kematian seorang dokter yang mengungkapkan pertama kali soal bahayanya virus corona. Namun, dokter tersebut telah ditegur dan dibungkam oleh pihak polisi kepolisian karena dianggap telah meningkatkan kecemasan tentang virus pada bulan Desember.

Menurut Zeng Yixin, wakil menteri di Komisi Kesehatan Nasional, mengatakan pada konferensi pers bahwa 1.716 petugas kesehatan telah terinfeksi di negara itu pada hari Selasa.

Mayoritas, atau sekitar 1.102 orang, telah didiagnosis menderita penyakit COVID-19 di Wuhan. Sedangkan 400 lainnya terinfeksi di tempat lain di provinsi Hubei.

Sedangkan data Reuters menunjukkan, ada lebih dari 2.600 kasus baru virus corona yang dikonfirmasi di China daratan. Data itu dirilis oleh Komisi Kesehatan Nasional China pada hari Sabtu (15/2), sehari setelah banyak warga  kembali ke ibukota dari hari libur.

Sebelumnya, mereka diperintahkan untuk mengkarantina diri sendiri selama 14 hari untuk mencoba menahan penyebarannya.

Reuters memberitakan, total korban infeksi yang dikonfirmasi di seluruh daratan China saat ini adalah 66.492, setelah ada 2.641 kasus baru dikonfirmasi, pada hari Jumat.

Sementara, jumlah korban tewas naik 143 kasus menjadi 1.523 kasus. Sebagian besar kematian baru masih terjadi di provinsi Hubei pusat dan khususnya ibukota provinsi Wuhan.

Pejabat Komisi Kesehatan Nasional China Liang Wannian mengatakan pada konferensi pers bahwa pemerintah akan terus berusaha menahan penyebaran virus di Wuhan.

Kata Liang, Komisi Kesehatan China akan fokus pada upaya untuk menurunkan tingkat kematian dan mengurangi tingkat infeksi.




TERBARU

Close [X]
×