kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China berencana mengirim misi berawak pertama ke Mars pada 2033


Jumat, 25 Juni 2021 / 09:36 WIB
China berencana mengirim misi berawak pertama ke Mars pada 2033
ILUSTRASI. Mars. NASA/JPL-Caltech/Handout via REUTERS


Sumber: Al Jazeera | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. China berencana untuk mengirim misi awak pertamanya ke Mars pada tahun 2033, dengan penerbangan lanjutan reguler, di bawah rencana jangka panjang untuk membangun pangkalan yang dihuni secara permanen di Planet Merah dan mengekstraksi sumber dayanya.

Rencana ambisius, yang akan mengintensifkan perlombaan dengan Amerika Serikat untuk menempatkan manusia di Mars, diungkapkan secara rinci untuk pertama kalinya setelah China mendaratkan robot penjelajah di Mars pada pertengahan Mei dalam misi perdananya ke planet tersebut.

Peluncuran kru ke Mars direncanakan pada tahun 2033, 2035, 2037, 2041 dan seterusnya, kata kepala pembuat roket utama China, Wang Xiaojun, dalam konferensi eksplorasi ruang angkasa di Rusia baru-baru ini melalui tautan video.

Sebelum misi awak dimulai, China akan mengirim robot ke Mars untuk mempelajari kemungkinan lokasi pangkalan dan membangun sistem untuk mengekstrak sumber daya di sana, menurut laporan resmi China Space News pada hari Rabu, mengutip Wang, yang merupakan kepala Akademi Teknologi Kendaraan Peluncuran China.

Baca Juga: Lapisan es terbesar atau gletser kiamat di Antartika diramal segera runtuh

Untuk tempat tinggal manusia di Mars, kru harus dapat menggunakan sumber daya planet, seperti mengekstraksi air di bawah permukaannya, menghasilkan oksigen di tempat, dan menghasilkan listrik. China juga harus mengembangkan teknologi untuk menerbangkan astronot kembali ke Bumi. Misi pulang-pergi tanpa awak untuk memperoleh sampel tanah dari planet ini diharapkan pada akhir tahun 2030.

NASA, badan antariksa AS, telah mengembangkan teknologi untuk membawa kru ke Mars dan kembali sekitar tahun 2030-an.

Rencana Mars China membayangkan armada pesawat ruang angkasa bolak-balik antara Bumi dan Mars dan pengembangan utama sumber dayanya, kata Wang.

Untuk mempersingkat waktu perjalanan, pesawat ruang angkasa harus memanfaatkan energi yang dilepaskan dari reaksi nuklir dalam bentuk panas dan listrik, di samping propelan kimia tradisional, kata Wang. China harus melakukan perjalanan pulang pergi dengan total waktu penerbangan "beberapa ratus hari", katanya.

China juga berencana untuk mendirikan pangkalan di kutub selatan Bulan dan mengerahkan ekspedisi robot ke asteroid dan Jupiter sekitar tahun 2030.

Pekan lalu, China mengirim tiga astronot ke stasiun luar angkasa yang belum selesai dalam misi berawak pertamanya sejak 2016, memperluas kehadirannya di dekat Bumi dan menantang kepemimpinan AS di ruang orbit.

Selanjutnya: Kehidupan dimulai pertama kali di Mars, kemudian dibawa ke Bumi oleh meteorit?




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×