kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

China berharap kesepakatan dagang fase pertama dengan AS bisa tercapai sedini mungkin


Kamis, 17 Oktober 2019 / 15:20 WIB
China berharap kesepakatan dagang fase pertama dengan AS bisa tercapai sedini mungkin
ILUSTRASI. Ilustrasi perang dagang Amerika dan China.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China berharap kesepakatan bertahap dengan Amerika Serikat (AS) tentang perdagangan bisa tercapai sedini mungkin. Dan, masing-masing negara membuat kemajuan dalam pembatalan tarif barang.

Gao Feng, juru bicara Kementerian Perdagangan China, mengatakan, sebuah perjanjian bertahap akan membantu memulihkan kepercayaan pasar dan mengurangi ketidakpastian. "Kedua belah pihak menjaga komunikasi yang erat," katanya, Kamis (17/10), seperti dikutip Reuters.

Pada 11 Oktober lalu, Presiden AS Donald Trump menguraikan fase pertama dari kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang dengan China dan menunda kenaikan tarif tambahan. Tapi, para pejabat kedua negara menyatakan, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum kesepakatan terwujud.

Baca Juga: Kesepakatan perdagangan AS-China fase 1 diharapkan dapat diteken bulan depan

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, Rabu (16/10), menyebutkan, tim perunding perdagangan AS dan Cina sedang berupaya merancang teks kesepakatan perdagangan Fase 1 agar bisa ditandatangani Presiden mereka pada bulan depan.

Hanya, Mnuchin memastikan, tidak ada undangan dari Beijing untuk pertemuan tingkat tinggi dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He guna membahas kesepakatan perdagangan yang diuraikan pekan lalu. Tetapi, para deputi mengadakan konferensi via telepon pekan ini.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×