kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China investigasi monopoli perusahaan asing


Senin, 08 Juli 2013 / 10:15 WIB
China investigasi monopoli perusahaan asing
ILUSTRASI. Ketahui 4 Cara Mudah Mengetahui Skin Tone pada Wajah di Sini


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Dessy Rosalina

BEIJING. Pemerintah China kian gencar memburu perusahaan asing yang merajai pasar domestik. Yang terbaru, regulator China tengah menginvestigasi Tetra Pak. Penyelidikan terhadap perusahaan kemasan dunia tersebut dimulai pada akhir pekan kemarin. Administrasi Negara untuk Industri dan Perdagangan China atau The State Administration for Industry and Commerce (SAIC), mengungkapkan pihaknya telah membentuk tim khusus untuk menyelidiki bisnis Tetra Pak di China.

Kepala SAIC, Zhang Mao, menyatakan pihaknya telah memerintahkan unit SAIC di 20 provinsi dan kota di seluruh Tiongkok. "Tim SAIC dari seluruh daerah bertugas untuk menjaring bukti terkait pelanggaran yang dilakukan Tetra Pak dalam mendominasi pasar," ujar Mao dalam situs SAIC.
Investigasi terhadap Tetra Pak tersebut berdasarkan kecurigaan terjadinya praktik monopoli. "Kabar ini tidak mengejutkan. Hanya masalah waktu, hingga pemerintah menyelidiki bisnis Tetra Pak di China," ujar Senior Partner Shanghai Panocean Law Firm, Liu Chunquan, kepada www.shanghaidaily.com (6/7).

Chunquan menjelaskan, bisnis Tetra Pak jelas bertentangan dengan konsep persaingan bebas di China. Menurut dia, raksasa kemasan asal Swiss tersebut kini menguasai seluruh pembuatan kemasan minuman dan makanan yang beredar.

Bidik perusahaan asing

Yang menarik SAIC mengatakan, saat ini, tengah mendalami 23 kasus terkait pelanggaran monopoli. Dari sekian banyak kasus, ada 12 kasus yang telah dijatuhi sanksi. Mao menambahkan, sepanjang semester satu kemarin, SAIC menangani 18.400 kasus pelanggaran bisnis tidak sehat. Kasus monopoli tersebut setara dengan nilai pasar mencapai CNY 1,26 miliar atau US$ 203,8 juta.
Catatan saja, Tetra Pak memasuki pasar China pada tahun 1972. Saat ini Tetra Pak memiliki pabrik di sejumlah kota di China. Di antaranya, Beijing, Foshan, Kunshan dan Hohhot.

Tetra Pak juga membangun pusat penelitian dan pengembangan di Shanghai. Klien Tetra Pak di China mencakup produsen susu dan minuman terbesar di China, yakni China Mengniu Dairy dan Uni-President China Holdings. Tuduhan monopoli atas Tetra Pak muncul setelah dua pekan lalu China menginvestigasi lima produsen susu bayi asing, yaitu Nestle, Abbott Laboratories, Mead Johnson Nutrition, Club Nutricia Danone dan Royal FrieslandCampina. Kelimanya dituduh kompak mengatrol harga.  




TERBARU

[X]
×