CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.386.000   -14.000   -1,00%
  • USD/IDR 16.295
  • IDX 7.288   47,89   0,66%
  • KOMPAS100 1.141   4,85   0,43%
  • LQ45 920   4,23   0,46%
  • ISSI 218   1,27   0,58%
  • IDX30 460   1,81   0,40%
  • IDXHIDIV20 553   3,30   0,60%
  • IDX80 128   0,57   0,44%
  • IDXV30 130   1,52   1,18%
  • IDXQ30 155   0,78   0,50%

China Kutuk Filipina, Ini Perselisihan Terbaru Antar 2 Negara di Laut China Selatan


Jumat, 06 Oktober 2023 / 06:45 WIB
China Kutuk Filipina, Ini Perselisihan Terbaru Antar 2 Negara di Laut China Selatan
ILUSTRASI. China mengutuk misi empat kapal Filipina yang melakukan pemasokan kembali pasukan Filipina di pulau atol Laut China Selatan.


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING/MANILA. China mengutuk misi empat kapal Filipina yang melakukan pemasokan kembali pasukan Filipina di pulau atol Laut China Selatan yang disengketakan. China mengatakan, kapal-kapal tersebut memasuki perairan Filipina di Kepulauan Spratly tanpa izin.

Informasi saja, pulau atol adalah pulau karang yang berbentuk cincin. 

Reuters memberitakan, Filipina mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah berhasil mengirim pasokan ke pasukannya yang ditempatkan di sebuah kapal transportasi era Perang Dunia Kedua yang berubah menjadi pos militer di atol tersebut meskipun ada upaya dari penjaga pantai China untuk memblokirnya.

Meskipun China sedang berselisih dengan beberapa negara tetangganya mengenai klaim luas mereka di Laut China Selatan, hubungan China dengan Filipina akhir-akhir ini sangat tegang karena masalah ini. Terutama sejak Ferdinand Marcos Jr mengambil alih jabatan presiden Filipina tahun lalu.

“Kapal pemasok Filipina dan dua kapal penjaga pantai memasuki perairan … di Kepulauan Nansha China tanpa izin dari pemerintah China,” kata juru bicara Penjaga Pantai Tiongkok Gan Yu dalam postingan di situs webnya, menggunakan nama Tiongkok untuk Kepulauan Spratly.

Baca Juga: Taiwan Luncurkan Kapal Selam Pertama Buatan Sendiri

Atol di kawasan tersebut dikenal dengan nama Ayungin di Filipina. Sedangkan Tiongkok menyebutnya Renai Reef. Juga dikenal sebagai Second Thomas Shoal, terletak 105 mil (109 km) di lepas pantai pulau Palawan, Filipina.

Sejumlah kecil tentara Filipina tinggal di kapal angkut angkatan laut tua, BRP Sierra Madre, yang dikandangkan Filipina di perairan dangkal tersebut pada tahun 1999 untuk memperkuat klaim kedaulatannya.

Penjaga Pantai China mengatakan dalam postingannya bahwa mereka mengeluarkan peringatan keras dan menambahkan bahwa pihaknya dengan tegas menentang pengangkutan material ilegal ke kapal Philippe yang "duduk di pantai" secara ilegal.

Filipina terakhir kali menyelesaikan misi pasokan ke kapal yang dilarang terbang pada 8 September. Sebulan sebelumnya, sebuah kapal Penjaga Pantai China menembakkan meriam air ke kapal pasokan Filipina dalam upaya serupa, yang memicu kecaman dari Filipina dan sekutu lamanya, Amerika Serikat.

Baca Juga: China Sebut Tujuan Latihan Militernya Dekat Taiwan untuk Memerangi Arogansi Separatis

China telah meminta Filipina untuk menarik kapal tersebut namun Manila menolak permintaan itu.

Dewan Keamanan Nasional Filipina (NSC) mengatakan misi pasokan ulang dan rotasi telah selesai meskipun ada upaya dari sejumlah besar Penjaga Pantai Tiongkok dan Milisi Maritim Tiongkok untuk “melecehkan dan mengganggu” tugas tersebut.

“Misi-misi ini merupakan pelaksanaan fungsi administratif pemerintah Filipina yang sah,” kata NSC.

China mengklaim kedaulatan atas hampir seluruh Laut Cina Selatan, merujuk pada garis di petanya yang memotong zona ekonomi eksklusif Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, dan Indonesia. Pengadilan Tetap Arbitrase pada tahun 2016 menyatakan bahwa garis pada peta China tidak memiliki dasar hukum.




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligence with Ms Excel Sales for Non-Sales (Sales for Non-Sales Bukan Orang Sales, Bisa Menjual?)

[X]
×