kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.490.000   -5.000   -0,33%
  • USD/IDR 15.584   1,00   0,01%
  • IDX 7.554   32,95   0,44%
  • KOMPAS100 1.173   4,03   0,34%
  • LQ45 937   4,19   0,45%
  • ISSI 227   0,93   0,41%
  • IDX30 481   1,16   0,24%
  • IDXHIDIV20 578   0,31   0,05%
  • IDX80 134   0,44   0,33%
  • IDXV30 142   -0,38   -0,27%
  • IDXQ30 160   -0,09   -0,06%

China Luncurkan Latihan Perang di Sekitar Taiwan, Menyulut Amarah Taipei dan AS


Senin, 14 Oktober 2024 / 10:13 WIB
China Luncurkan Latihan Perang di Sekitar Taiwan, Menyulut Amarah Taipei dan AS
ILUSTRASI. Militer China meluncurkan putaran baru latihan perang di dekat Taiwan pada Senin (14/10).ng Kepulauan Matsu yang dikuasai Taiwan, Tiongkok, 11 April 2023. REUTERS/Thomas Peter


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Militer China meluncurkan putaran baru latihan perang di dekat Taiwan pada Senin (14/10). China mengatakan, itu merupakan peringatan terhadap tindakan separatis pasukan kemerdekaan Taiwan, yang memicu kecaman dari pemerintah Taipei dan AS.

Mengutip Reuters, Senin (14/10), Taiwan telah waspada terhadap lebih banyak permainan perang sejak pidato hari nasional minggu lalu oleh Presiden Lai Ching-te, sebuah pidato yang dikecam Beijing setelah Lai mengatakan China tidak memiliki hak untuk mewakili Taiwan bahkan saat ia menawarkan untuk bekerja sama dengan Beijing.

Komando Teater Timur militer China mengatakan latihan "Joint Sword-2024B" berlangsung di Selat Taiwan dan wilayah di utara, selatan, dan timur Taiwan.

Baca Juga: China Mulai Babak Baru Latihan Perang di Dekat Taiwan, Tak Sebut Tanggal Berakhirnya

"Latihan itu juga berfungsi sebagai peringatan keras terhadap tindakan separatis pasukan kemerdekaan Taiwan. Ini adalah operasi yang sah dan perlu untuk menjaga kedaulatan negara dan persatuan nasional," katanya dalam sebuah pernyataan yang disampaikan dalam bahasa China dan Inggris.

Komando itu tidak menyebutkan kapan latihan itu akan berakhir.

Mereka menerbitkan peta yang menunjukkan sembilan wilayah di sekitar Taiwan tempat latihan itu berlangsung; dua di pantai timur pulau itu, tiga di pantai barat, satu di utara, dan tiga di sekitar pulau-pulau yang dikuasai Taiwan di sebelah pantai China.

Kapal dan pesawat China mendekati Taiwan dalam jarak dekat dari berbagai arah, dengan fokus pada patroli kesiapan tempur laut-udara, memblokade pelabuhan dan area penting, menyerang target maritim dan darat, dan perebutan bersama keunggulan komprehensif, kata komando tersebut.

Namun, komando tersebut tidak mengumumkan latihan tembak langsung atau area larangan terbang. Pada tahun 2022, tak lama setelah Ketua DPR AS saat itu Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan, China menembakkan rudal ke pulau itu.

DMedia pemerintah China menguangkapkan, dalam operasi, penjaga pantai China mengitari Taiwan dan menggelar patroli penegakan hukum di dekat pulau-pulau lepas pantai Taiwan.

Dewan Urusan Daratan pembuat kebijakan China di Taiwan mengatakan bahwa permainan perang terbaru China dan penolakan untuk meninggalkan penggunaan kekuatan adalah provokasi terang-terangan yang secara serius merusak perdamaian dan stabilitas regional.

ewan Urusan Daratan pembuat kebijakan China di Taiwan dalam sebuah pernyataan mengungkapkan, dalam menghadapi ancaman politik, militer, dan ekonomi lebih lanjut yang ditimbulkan oleh China terhadap Taiwan dalam beberapa hari terakhir, Taiwan tidak akan mundur.

"Presiden Lai telah menyatakan niat baiknya dalam pidato hari nasionalnya dan bersedia memikul tanggung jawab untuk menjaga perdamaian di Selat Taiwan bersama dengan komunis China," tambahnya.

Baca Juga: China Diperkirakan Luncurkan Latihan Militer Setelah Pidato Presiden Taiwan

Pidato hari nasional Lai menyoroti keadaan terkini hubungan lintas selat dan tekad kuat untuk menjaga perdamaian dan stabilitas serta menganjurkan kerja sama di masa mendatang dalam menghadapi tantangan seperti perubahan iklim, tambah kementerian tersebut.

"Klaim komunis China tentang memicu pertengkaran dan memprovokasi masalah sama sekali menyimpang dari kebenaran," tambahnya.

Joseph Wu, sekretaris jenderal Dewan Keamanan Nasional Taiwan, mengatakan Taiwan akan tetap waspada tetapi akan tetap moderat dan bertanggung jawab, mempertahankan status quo di Selat Taiwan.

"Para pemimpin di seluruh dunia berbicara lebih banyak dari sebelumnya tentang perlunya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," kata Wu dalam sebuah forum tentang politik China di Taipei. 

"Taiwan akan terus mencari kemungkinan untuk berunding dengan China."

Kementerian pertahanan dan penjaga pantai Taiwan mengatakan kedua lembaga telah mengirimkan pasukan mereka sendiri.

Di Washington, seorang pejabat dari pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengatakan mereka memantau latihan tersebut dan tidak ada pembenaran atas latihan tersebut setelah pidato Lai.

Pejabat tersebut mengatakan mereka mendesak China untuk menghindari tindakan lebih lanjut yang dapat membahayakan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan di kawasan yang lebih luas. 

Seorang pejabat keamanan senior Taiwan, yang berbicara kepada Reuters dengan syarat anonim mengingat sensitivitas situasi, mengatakan mereka yakin China sedang berlatih memblokade pelabuhan Taiwan di utara dan selatan pulau tersebut dan jalur pelayaran internasional serta mengusir kedatangan pasukan asing.

Taiwan pada hari Minggu telah melaporkan sebuah kelompok kapal induk China berlayar ke selatan pulau tersebut melalui Selat Bashi yang strategis yang memisahkan Taiwan dari Filipina dan menghubungkan Laut China Selatan dengan Pasifik.

Media pemerintah China sejak Kamis telah menayangkan serangkaian cerita dan komentar yang mengecam pidato Lai, dan pada hari Minggu Komando Teater Timur merilis sebuah video yang mengatakan bahwa mereka siap bertempur.


"Selama provokasi 'kemerdekaan Taiwan' terus berlanjut, tindakan PLA untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial tidak akan berhenti," kata surat kabar itu.

Tiongkok mengadakan latihan "Joint Sword-2024A" selama dua hari di sekitar Taiwan pada bulan Mei tak lama setelah Lai menjabat, dengan mengatakan bahwa latihan itu adalah "hukuman" atas konten separatis dalam pidato pelantikannya.

Lai telah berulang kali menawarkan pembicaraan dengan Tiongkok tetapi ditolak. Ia mengatakan hanya rakyat Taiwan yang dapat memutuskan masa depan mereka dan menolak klaim kedaulatan Beijing.

Selanjutnya: Joker: Folie à Deux Terpuruk di Box Office AS Setelah Pembukaan yang Kurang Memuaskan

Menarik Dibaca: Tekanan Udara Ban Mobil Ideal Bikin BBM Irit




Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×