kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Marah Besar Atas Kedatangan Ketua DPR AS ke Taiwan


Rabu, 03 Agustus 2022 / 13:53 WIB
China Marah Besar Atas Kedatangan Ketua DPR AS ke Taiwan
ILUSTRASI. China dengan marah mengutuk kunjungan tingkat tertinggi AS ke Taiwan . REUTERS/Tom Brenner TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. China dengan marah mengutuk kunjungan tingkat tertinggi AS ke Taiwan ketika Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Nancy Pelosi memuji pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai "salah satu masyarakat paling bebas di dunia" dan menjanjikan solidaritas Amerika.

Beijing menunjukkan kemarahannya dengan kehadiran Pelosi di sebuah pulau yang dikatakan sebagai bagian dari China dengan ledakan aktivitas militer di perairan sekitarnya, memanggil duta besar AS di Beijing dan menghentikan beberapa impor pertanian dari Taiwan.

Beberapa latihan militer yang direncanakan China akan berlangsung di wilayah laut dan udara 12 mil laut Taiwan, menurut kementerian pertahanan Taiwan, sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya yang digambarkan oleh seorang pejabat senior pertahanan kepada wartawan sebagai "sejumlah blokade laut dan udara Taiwan".

Baca Juga: Taipe: Latihan Militer China Ancam Pelabuhan dan Kota di Taiwan

Pelosi tiba dengan delegasi kongres dalam kunjungan mendadak Selasa malam, menentang peringatan berulang-ulang China, dalam apa yang dia katakan menunjukkan komitmen AS yang teguh terhadap demokrasi Taiwan.

"Delegasi kami datang ke Taiwan untuk memperjelas bahwa kami tidak akan meninggalkan Taiwan," kata Pelosi kepada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, solidaritas Amerika dengan Taiwan sangat penting, dan itulah pesan yang kami bawa ke sini, hari ini,” tambahnya.

Berbicara kepada parlemen, Pelosi mengatakan undang-undang baru AS yang bertujuan memperkuat industri chip Amerika untuk bersaing dengan China "menawarkan peluang lebih besar bagi kerja sama ekonomi AS-Taiwan."

"Kami berterima kasih atas kepemimpinan Anda. Kami ingin dunia mengakui itu," kata Pelosi kepada Tsai, yang dicurigai Beijing mendorong kemerdekaan formal.

Seorang kritikus lama China, terutama tentang hak asasi manusia, Pelosi dijadwalkan untuk bertemu pada hari Rabu dengan mantan aktivis Tiananmen, seorang penjual buku Hong Kong yang telah ditahan oleh China dan seorang aktivis Taiwan yang baru-baru ini dibebaskan oleh China.

Baca Juga: Dampak Kunjungan Pelosi ke Taiwan, China Tangguhkan Impor Buah-Ikan dan Ekspor Pasir

Juru bicara DPR AS terakhir yang pergi ke Taiwan adalah Newt Gingrich, pada 1997. Namun kunjungan Pelosi terjadi di tengah memburuknya hubungan China-AS, dan China telah muncul sebagai kekuatan ekonomi, militer, dan geopolitik yang jauh lebih kuat selama seperempat abad terakhir.

China menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawanya di bawah kendalinya. Amerika Serikat memperingatkan China agar tidak menggunakan kunjungan itu sebagai dalih untuk melakukan aksi militer terhadap Taiwan.

Sebagai pembalasan, departemen bea cukai China mengumumkan penangguhan impor buah jeruk, hairtail bergaris putih dingin dan mackerel kuda beku dari Taiwan, sementara kementerian perdagangannya melarang ekspor pasir alam ke Taiwan.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×