kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,92   2,74   0.32%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

China sukses luncurkan tiga astronot menuju stasiun luar angkasa yang baru


Kamis, 17 Juni 2021 / 15:07 WIB
China sukses luncurkan tiga astronot menuju stasiun luar angkasa yang baru
Roket Long March-2F Y12 yang membawa pesawat ruang angkasa Shenzhou-12 dan tiga astronot, lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan, Gansu, China (17/6/2021).

Sumber: New York Times | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. China sukses meluncurkan tiga astronot ke stasiun luar angkasa yang baru dibangun. Ketiga astronot ini menandai kehadiran China yang berkelanjutan di orbit Bumi selama dekade berikutnya.

Dengan peluncuran ini, akan segera ada dua tempat di orbit Bumi di mana astronot tinggal.

Melansir The New York Times, Peluncuran tersebut dilakukan pada Kamis (17/6) pagi yang cerah dan cerah di Gurun Gobi, China. Mereka melambai ke kamera di kapsul mereka saat perjalanan mereka ke luar angkasa dimulai. Dua puluh satu menit memasuki misi, direktur pusat peluncuran, Zhang Zhifen, mengumumkan bahwa misi itu "sukses total."

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, para astronot ini akan berada di stasiun luar angkasa China yang baru lahir. Dan itu menandai kehadiran China yang berkelanjutan di orbit Bumi.

Baca Juga: Kejar target, China akan kirim astronot tertua ke luar angkasa

Stasiun luar angkasa China, yang disebut Tiangong, atau Istana Surgawi, bergabung dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional, proyek yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Rusia yang terus diduduki selama lebih dari dua dekade.

Peluncuran pada Kamis adalah yang ketiga dari 11 misi yang direncanakan untuk menyelesaikan pembangunan pos terdepan jangka panjang pertama China di luar angkasa sebelum akhir tahun depan.

Di China, pembangunan stasiun ruang angkasa telah diperlakukan dengan keriuhan publik yang luar biasa, sebuah cerminan dari tumbuhnya kepercayaan oleh kepemimpinan negara itu dalam misi luar angkasanya, yang telah mencapai sejumlah keberhasilan besar dalam beberapa bulan terakhir.

Peluncuran stasiun luar angkasa China terjadi pada saat Rusia dan Amerika Serikat bertengkar tentang masa depan Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan ketika China dan Rusia semakin dekat dalam kerja sama luar angkasa.

Baca Juga: Begitu mendarat di bulan, Chang'e 5 China langsung kumpulkan sampel pertama




TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×