kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China tegas menghalangi kemerdekaan Taiwan, namun mengupayakan hubungan damai


Jumat, 05 Maret 2021 / 09:26 WIB
China tegas menghalangi kemerdekaan Taiwan, namun mengupayakan hubungan damai
ILUSTRASI. Taiwan. REUTERS/Ann Wang/Files


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China akan dengan tegas mencegah aktivitas separatis untuk kemerdekaan Taiwan. Tetapi Beijing berkomitmen untuk mempromosikan pertumbuhan damai hubungan di Selat Taiwan dan "reunifikasi" China, kata Perdana Menteri Li Keqiang pada hari Jumat.

China, yang mengklaim Taiwan yang demokratis sebagai wilayahnya sendiri, telah meningkatkan aktivitas militernya di dekat pulau itu dalam beberapa bulan terakhir, menanggapi apa yang disebutnya "kolusi" antara Taipei dan Washington, pendukung dan pemasok senjata internasional utama Taiwan.

Berbicara pada pembukaan pertemuan tahunan parlemen China, Li mengatakan Beijing berpegang pada prinsip "satu China", yang menyatakan bahwa Taiwan adalah bagian dari China. China tetap berkomitmen "untuk mempromosikan pertumbuhan damai hubungan di seluruh Selat Taiwan dan reunifikasi China", katanya kepada sekitar 3.000 delegasi di Balai Besar Rakyat Beijing.

"Kami akan tetap sangat waspada dan dengan tegas mencegah aktivitas separatis yang mencari kemerdekaan Taiwan," tambah Li.

Baca Juga: Militer China diramal akan kalahkan AS dalam perang pertama di Laut China Selatan!

“Kami akan mempromosikan pertukaran, kerja sama, dan pembangunan terintegrasi di seluruh Selat Taiwan. Bersama-sama kita dapat membentuk masa depan yang cerah untuk bangsa kita yang hebat," tambahnya.

Sebagian besar orang Taiwan tidak menunjukkan minat untuk diperintah oleh China yang otokratis, dan juga sangat mendukung protes anti-pemerintah di Hong Kong yang dikelola China.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen terpilih kembali secara telak tahun lalu dengan janji membela demokrasi pulau itu.

China percaya Tsai ingin mendorong kemerdekaan resmi Taiwan, garis merah bagi pemerintah China yang tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau itu di bawah kendali Beijing.

Tsai mengatakan Taiwan sudah menjadi negara merdeka yang disebut Republik Cina, nama resminya.

Selanjutnya: Amerika: Hubungan kami dengan China kolaboratif ketika bisa, bermusuhan ketika harus




TERBARU

[X]
×