kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,25   2,50   0.28%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CIMB Investment Bank umumkan rencana akusisi RBS


Senin, 02 April 2012 / 16:06 WIB
CIMB Investment Bank umumkan rencana akusisi RBS
ILUSTRASI. Genshin Impact segera rilis di PS5, hadirkan peningkatan visual hingga loading cepat


Reporter: Astri Kharina Bangun |

KUALA LUMPUR. CIMB Investment Bank mengumumkan akuisisi atas sebagian besar saham tunai wilayah Asia Pasifik dan bisnis terkait bank investasi dari Royal Bank of Scotland (RBS). Kesepakatan senilai 849,4 juta Ringgit Malaysia yang diumumkan, Senin, (2/4) ini akan menjadikan CIMB sebagai bank investasi terbesar yang berbasis di Asia Pasifik (tidak termasuk Jepang).

"Ini adalah kesempatan baik untuk melengkapi kapabilitas kami di pasar Asia Pasifik. Langkah ini prosesnya lebih cepat dan biayanya lebih sedikit dibandingkan bila kami tumbuh secara organik," ujar Group Chief Executive CIMB Group Dato Sri Nazir Razak.

Ia menambahkan dengan bertambah luasnya cakupan wilayah CIMB Investment Bank, maka CIMB dimungkinkan untuk membantu melayani investor yang ingin bergerak dari ASEAN ataupun di seluruh Asia Pasifik secara menyeluruh.

Sekedar catatan, pasca akuisisi GK Securities Goh pada 2005, jaringan waralaba bank investasi CIMB, termasuk layanan sekuritas, telah menjadi pemimpin pasar di ASEAN. Kantor representatif pun tersebar di New York, London, Shanghai, Mumbai, Hong Kong, Colombo, dan Bahrain. Selain itu, CIMB juga memiliki kemitraan di Taiwan, Korea Selatan, dan Australia.

Tambahan dari unit RBS akan membuat CIMB memiliki perwakilan di Taiwan dan Australia sekaligus memperbesar operasional yang sudah ada di Hong Kong, India, dan China. Sehubungan dengan tidak dijualnya entitas RBS di Korea Selatan, maka CIMB akan berupaya mendirikan cabang di Korea Selatan segera.

Dengan kesepakatan bersama RBS, CIMB akan membayar RBS sekitar RM 431,8 juta dan menyuntikkan tambahan RM 417,6 juta dari modal baru ke dalam operasi entitas yang berbeda. CIMB hanya akan memperoleh badan hukum di Australia. Sementara itu, bisnis yang relevan dari RBS termasuk staf yang dipilih, aset, dan mandat klien, akan bermigrasi ke anak perusahaan CIMB. RBS juga akan membayar CIMB sekitar RM 67,4 juta untuk membiayai tahun pertama menjalankan biaya bisnis. Harga yang efektif untuk NTA rasio transaksi adalah sekitar 0,98 kali.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×