kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Citigroup akan Melego Bisnis Private Equity


Selasa, 02 Februari 2010 / 08:49 WIB
Citigroup akan Melego Bisnis Private Equity


Sumber: Bloomberg, Reuters | Editor: Johana K.

NEW YORK. Citigroup Inc, salah satu perusahaan raksasa keuangan Amerika Serikat (AS), bakal kembali melepas satu unit bisnisnya. Kali ini Citi akan melego unit usaha Citi Private Equity yang mengelola aset US$ 10 miliar. Tujuan Citigroup menjual unit usaha ini, menurut sumber Bloomberg Senin (1/2), untuk mengurangi pinjamannya ke Pemerintah AS.

Langkah ini sontak memunculkan pertanyaan: apakah ini terkait dengan seruan Presiden Barack Obama agar perbankan AS membatasi bisnis private equity.

Namun, sumber tersebut memberi bocoran: Citigroup telah membuat keputusan melepas unit bisnis ini akhir tahun lalu. Sementara, Obama baru mengumumkan rencana pembatasan tersebut pada 21 Januari 2010 lalu.

Sumber dari orang dalam Citigroup bilang, perusahaannya menganggap unit Citi Private Equity tidaklah bertentangan dengan proposal Obama. Soalnya, sebagian besar investasi yang mereka lakukan atas nama nasabah.

Unit ini mengelola duit Citigroup sebesar US$ 2 miliar. Sementara, sisa dana yang dikelola berasal dari investor di luar perusahaan. Sayang, juru bicara Citigroup Shannon Bell menolak berkomentar ketika dihubungi Reuters, kemarin.

Mengurangi dana talangan

Para manajer unit kini tengah membahas pembelian usaha tersebut, apakah menggandeng calon mitra baru atau lewat sumber pendanaan lain. Todd Benson dan Darren Friedman saat ini memimpin Citi Private Equity.

Rencana ini menambah panjang daftar bisnis manajemen keuangan yang dikeluarkan dari perbankan AS atas tekanan pemerintah untuk mengurangi pinjaman dana talangan (bailout). Sebanyak 27% saham Citigroup jatuh ke genggaman pemerintah AS setelah perusahaan ini mendapat dana talangan pada 2008 sebesar US$ 45 miliar. Bank ini telah menjual hampir sepertiga dari aset senilai US$ 1,86 triliun di bawah tekanan regulator.

Sumber tadi juga menyebutkan, ke depan Citi akan kembali menjual unit usahanya yang lain. Antara lain, unit real estat, Citi Property Investors, yang mengelola dana US$ 12,5 miliar dan Citi Hedge Fund Management Group.

Tapi, Chief Executive Officer Citigroup Vikram Pandit dikabarkan akan mempertahankan bisnis private equity yang lebih kecil. Yakni, Metalmark Capital LLC. Metalmark mengelola dana sekitar US$ 3,8 miliar. Unit lain yang akan bertahan adalah Citi Ventura Capital Internasional. Unit ini fokus pada bisnis investasi di China, India, Eropa Timur, Eropa Tengah, serta Amerika Latin.




TERBARU

[X]
×