kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Corona di Australia: Kluster pub tambah kekhawatiran Covid-19 gelombang kedua


Senin, 13 Juli 2020 / 09:58 WIB
Corona di Australia: Kluster pub tambah kekhawatiran Covid-19 gelombang kedua
ILUSTRASI. Kasus corona di Sydney bertambah


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Kekhawatiran gelombang kedua Covid-19 di Australia semakin besar. Hal ini terjadi setelah negara bagian terpadat di Australia melaporkan 14 kasus baru COVID-19 pada hari ini.

Senin (13/7), kluster yang berkembang di New South Wales tersebut berasal dari sebuah pub yang biasanya didatangi oleh para pengemudi angkutan yang bepergian melewati sejumlah negara bagian.

Kasus-kasus baru di New South Wales datang setelah pekan lalu, negara bagian Victoria melakukan lockdown dan memaksa sekitar 5 juta orang tak bisa berpergian keluar setelah lonjakan kasus virus corona baru.

Baca Juga: Kasus corona melonjak, Afrika Selatan kembali larang peredaran minuman beralkohol

Australia, yang telah menghindari jumlah korban Covid-19 yang tinggi dari negara-negara lain dengan langkah cepat dan ketat, mencatat kurang dari 10.000 kasus virus corona total, atau sekitar seperenam dari kasus harian yang terlihat di Amerika Serikat (AS) dalam beberapa hari terakhir.

Namun, pihak berwenang khawatir tentang meningkatnya kasus penularan masyarakat.

Kluster yang berasal dari pub tersebut menyumbang 8 dari 14 kasus baru di New South Wales dalam 24 jam terakhir. Sementara sisanya adalah orang-orang yang telah kembali dari luar negeri dan sudah berada di karantina hotel atau telah kembali dari Victoria.

Bagian terbesar dari kasus penularan komunitas ini adalah orang-orang yang baru-baru ini mengunjungi sebuah pub di Sydney bagian barat daya, Crossroads Hotel. Setidaknya ada 13 kasus yang sudah berhasil dideteksi dari kluster ini. 

"Kekhawatiran nya adalah bahwa pub di hotel ini juga digunakan oleh pengemudi angkutan yang mengangkut pasokan penting ke seluruh negeri," kata Wakil Kepala Medis Australia Michael Kidd kepada Australian Broadcasting Corp.

Baca Juga: Corona di Australia bertambah karena staf di dua hotel ini hubungan seks dengan tamu

Di negara bagian Victoria, pihak berwenang pada hari ini melaporkan ada 177 kasus virus corona baru dalam 24 jam terakhir. Ini jadi hari kedelapan berturut-turut kasus positif virus corona naik tiga digit. Namun, jumlah ini turun dari 273 kasus pada hari sebelumnya.

"Mungkin ini belum menjadi puncak kami," kata Kepala Dinas Kesehatan Victoria Brett Sutton kepada wartawan di Melbourne. "Aku ingin melihat angka penurunan satu minggu."

Sementara itu, para ilmuwan telah memulai uji coba vaksin Covid-19 potensial yang dikembangkan di Universitas Queensland.

Relawan akan menerima dosis vaksin pertama pada Senin pagi. Hasil awal dari persidangan diharapkan akan dirilis pada akhir September, kata universitas.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×