kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Credit Suisse Akan Pinjam Dana Talangan Bank Sentral Swiss US$ 54 Miliar


Kamis, 16 Maret 2023 / 15:24 WIB
Credit Suisse Akan Pinjam Dana Talangan Bank Sentral Swiss US$ 54 Miliar
ILUSTRASI. Kamis (16/3), Credit Suisse mengumumkan akan meminjam dana talangan hingga US$ 54 miliar dari bank sentral Swiss untuk menopang likuiditas dan kepercayaan investor.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Bank asal swiss, Credit Suisse, terselamatkan. Kamis (16/3), Credit Suisse mengumumkan akan meminjam dana talangan hingga US$ 54 miliar dari bank sentral Swiss untuk menopang likuiditas dan kepercayaan investor.

Dana talangan ini dibutuhkan setelah kemerosotan saham Credit Suisse meningkatkan kekhawatiran tentang krisis perbankan global.

Pengumuman bank yang berbasis di Zurich membantu membalikkan beberapa kerugian pasar saham dan memulihkan kepercayaan di pasar keuangan yang lebih luas, yang terpukul pada Rabu (15/3).

Dalam pernyataannya, Credit Suisse mengatakan akan menggunakan opsi untuk meminjam dari bank sentral Swiss hingga 50 miliar franc Swiss atau setara US$ 54 miliar.

Itu mengikuti jaminan dari otoritas Swiss pada hari Rabu bahwa Credit Suisse memenuhi "persyaratan modal dan likuiditas yang dikenakan pada bank-bank yang penting secara sistemik" dan dapat mengakses likuiditas bank sentral jika diperlukan.

Credit Suisse adalah bank global besar pertama yang diberi bantuan darurat sejak krisis keuangan 2008.

Baca Juga: Saham Credit Suisse Terjun Setelah Pemegang Saham Tidak Akan Suntik Dana, Pasar Goyah

Harga saham Credit Suisse melonjak 21% dalam perdagangan pra-pembukaan di jam-jam awal Eropa, usai pengumuman tersebut.

Pengumuman Credit Suisse membantu memangkas beberapa kerugian awal, mengurangi perdagangan bergejolak dan sentimen yang rapuh.

"Ini menghilangkan risiko langsung. Tapi itu menghadapkan kita pada pilihan lain. Semakin kita melakukan ini, semakin kita menumpulkan kebijakan moneter, semakin kita harus hidup dengan inflasi yang lebih tinggi - dan apa jadinya?" kata Damien Boey, kepala strategi ekuitas di Barrenjoey seperti dikutip Reuters.

"Apakah dana talangan membuat keadaan menjadi lebih baik? Di satu sisi, Anda menghilangkan sumber risiko ke pasar yang merupakan bahaya yang jelas dan ada. Di sisi lain, kami memasukkan paradigma kebijakan moneter yang bertentangan dengan dirinya sendiri," imbuhnya.

Pinjaman Credit Suisse akan dilakukan di bawah fasilitas pinjaman tertutup dan fasilitas likuiditas jangka pendek, yang sepenuhnya dijamin dengan aset berkualitas tinggi.

"Likuiditas tambahan ini akan mendukung bisnis inti dan klien Credit Suisse karena Credit Suisse mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menciptakan bank yang lebih sederhana dan fokus yang dibangun berdasarkan kebutuhan klien," tulis Credit Suisse.

Chief Executive Credit Suisse Ulrich Koerner sebelumnya berusaha meyakinkan investor tentang likuiditas yang kuat dari pemberi pinjaman.

"Modal kami, basis likuiditas kami sangat, sangat kuat," kata Koerner kepada media. "Pada dasarnya kami memenuhi dan melampaui semua persyaratan peraturan."

Sementara itu, para bankir Credit Suisse di Asia meyakinkan para klien mereka setelah arus masuk dana terbaru.

"Kami telah memberi tahu mereka untuk membaca pernyataan dan melihat fakta bahwa kami membeli obligasi senilai 3 miliar franc karena harganya sangat murah," kata seorang bankir senior yang berbasis di Hong Kong. "Hanya itu yang bisa kami katakan dan coba terus bekerja."

Bankir itu menolak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Masalah bank berusia 167 tahun itu telah mengalihkan fokus investor dan regulator dari Amerika Serikat ke Eropa. Credit Suisse memimpin aksi jual saham bank setelah investor terbesarnya mengatakan tidak dapat memberikan lebih banyak bantuan keuangan karena kendala regulasi.

Kekhawatiran tentang Credit Suisse menambah kekhawatiran sektor perbankan yang lebih luas yang dipicu runtuhnya Silicon Valley Bank (SVB) (SIVB.O) dan Signature Bank, dua perusahaan menengah AS minggu lalu.

Fokus investor juga tertuju pada tindakan bank sentral dan regulator lain di tempat lain untuk memulihkan kepercayaan pada sistem perbankan.

Baca Juga: Setelah Silicon Valley Bank, Kini Credit Suisse Bikin Ketar-Ketir Pasar Keuangan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×