kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar 7 Pesawat tempur terbaik Jepang, satu di antaranya belum selesai dibuat


Selasa, 15 September 2020 / 05:55 WIB
Daftar 7 Pesawat tempur terbaik Jepang, satu di antaranya belum selesai dibuat
ILUSTRASI. Upacara peringatan menyambut dimulainya operasi pesawat tempur Lockheed Martin F-35 Lightning II oleh Japan Air Self Defense Force, 24 Februari 2018.


Sumber: Aircraft Compare | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Pratayang Sabtu, 19 September 2020

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Meskipun telah menjadi negara dengan militer pasif sejak Perang Dunia II, Jepang tetap memproduksi sederet pesawat tempur unggulan untuk keperluan pertahanan.

Pabrikan otomotif ternama seperti Mitsubishi dan Kawasaki juga jadi pabrikan yang masih aktif memproduksi armada tempur, termasuk pesawat tempur terbaik Jepang.

Bukan cuma itu, Jepang juga tetap menggunakan pesawat tempur buatan AS yang merupakan sekutu utamanya sejak Perang Dunia II berakhir. Jepang juga sedang dalam proses untuk memproduksi pesawat tempur baru yang diklaim akan menjadi pesawat tempur terbaik Jepang.

Dari sekian banyak pesawat tempur yang ada, mari simak 7 jenis pesawat tempur terbaik Jepang saat ini.

Baca Juga: Jika melihat UFO, ini perintah bagi pilot Pasukan Bela Diri Jepang

7 pesawat tempur terbaik Jepang

7. Mitsubishi X-2 Shinshin

Mitsubishi X-2 Shinshin

Mitsubishi X-2 Shinshin merupakan pesawat tempur yang melakukan uji terbang pertama kalinya pada tahun 2016, dan sampai saat ini masih dalam tahap pengujian.

Nama lengkap dari seri pesawat tempur Jepang yang satu ini adalah Mitsubishi ATD-X Shinshin. ATD-X adalah singkatan dari "Advanced Technology Demonstrator-X". Sementara Shinshin merupakan bahasa Jepang yang memiliki arti "pikiran seseorang".

Pesawat tempur ini dirancang untuk menjadi pesawat siluman. Hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan dari Rusia dan China yang sedang meningkatkan sistem radar mereka.

Baca Juga: Jadi andalan AS, USS Gerald R. Ford merupakan kapal induk terbesar di dunia

6. Kawasaki T-4

Kawasaki T-4

Seri pesawat supersonik ini pertama kali diproduksi pada pertengahan tahun 80-an sebagai unit pesawat latihan. Sampai saat ini Kawasaki T-4 jadi pesawat latih paling umum digunakan oleh Japan Air Self Defense Force (JASDF).

Kemampuan Kawasaki T-4 sering dipamerkan oleh tim pilot Blue Impulse dalam sejumlah atraksi manuver dan akrobatik di udara.

Baca Juga: Profil Yoshihide Suga, kandidat terkuat pengganti Shinzo Abe sebagai PM Jepang




TERBARU

[X]
×