kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dari jualan traktor, jadi produsen otomotif (1)


Selasa, 20 Juni 2017 / 14:40 WIB
Dari jualan traktor, jadi produsen otomotif (1)


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Tri Adi

Di tangan Vikram Lal, bisnis Eicher Motors berkembang pesat. Sebagai generasi kedua pemimpin bisnis perusahaan, Vikram berhasil menyulap Eicher dari sekadar importir truk menjadi produsen otomotif yang memiliki beragam produk. Saat ini, Eicher Motors menjual truk, bus, mobil, hingga sepeda motor premium Royal Einfield dengan pendapatan mencapai US$ 1,89 miliar di sepanjang 2016. Eicher menjadi sumber harta Vikram yang mencapai US$ 6,4 miliar.

Buah jatuh tak jauh dari pohon. Ungkapan ini tepat untuk menggambarkan kisah sukses Vikram Lal dalam membesarkan bisnis Eicher Motors. Berkat kepiawaiannya, nama Vikram masuk daftar miliarder dunia.

Hitungan Forbes, pundi-pundi harta Vikram mencapai US$ 6,4 miliar per Juni 2017. Harta jumbo ini menempatkan Vikram sebagai orang terkaya ke-12 di India.

Mesin harta Vikram yakni Eicher Motors. Ini merupakan perusahaan otomotif yang menjual truk, bus, hingga motor premium.

Kisah sukses Vikram bermula dari keuletan sang ayah, Man Mohan Lal. Awalnya, Man mendirikan diler traktor bernama Goodearth Co pada 1948 silam.

Di lima tahun pertama, Goodearth berhasil menjual traktor impor sebanyak 1.500 unit di India. Satu dekade kemudian, Man berkongsi dengan perusahaan asal Jerman, Eicher.

Inilah cikal bakal lahirnya Eicher Grup. Pada 1958, Eicher Tractor Corporation of India Ltd dibentuk.  Perusahaan ini kemudian memproduksi traktor Eicher.

Setahun berselang, Man berhasil memproduksi traktor produksi asli India dari pabrikya yang berlokasi di Faridabad, India bagian utara. Pada periode sama, kecintaan Vikram terhadap dunia otomotif membesar.

Sering melihat sang ayah bergelut dengan mesin, Vikram melanjutkan kuliah teknik mesin di Jerman. Mengutip Forbes, Setelah menimba ilmu di Technical University Darmstadt, Vikram pulang ke India pada 1966.

Kepulangan Vikram menjadi titik balik penting bagi perkembangan bisnis Eicher. Di 1982, Eicher menginisiasi kolaborasi dengan Mitsubishi untuk memproduksi kendaraan komersial. Ambisi ekspansi mendorong Vikram untuk memburu dana dari bursa saham. Dus, pada 1987 Eicher melantai di bursa saham (IPO).




TERBARU

[X]
×