kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Di hotel terpencil Bretton Woods ini, dolar AS dinobatkan jadi matauang dunia


Minggu, 04 Agustus 2019 / 07:45 WIB
Di hotel terpencil Bretton Woods ini, dolar AS dinobatkan jadi matauang dunia

Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - Pada tahun 1944, tanggal 1-22 Juli, lebih 75 tahun lalu, sekitar 700 perwakilan dari 44 negara menginap di hotel Mount Washington, Bretton Woods, New Hampshire, Amerika Serikat.

Menjelang berakhir perang dunia Perang Dunia II, mereka menginap bersama untuk menyusun sebuah sistem keuangan baru bagi ekonomi dunia dalam sebuah konferensi: Bretton Woods International Monetary Conference.

Baca Juga: Rapat The Fed dan negosiasi perdagangan China-AS jadi pendorong penguatan IHSG

Sampai sekarang Hotel Mount Washington masih membuka pintu bagi para tamu yang hendak bermalam. Planet Money menggambarkan hotel ini sebagai bangunan bergaya tua dengan lampu gantung berhias dan kepala rusa digantung di lobi.

Musik klasik yang mengalun di hotel ini seolah ingin mengingatkan pengunjung bahwa hotel ini berkelas. Di balik jendela tampak pemandangan gunung yang menakjubkan. Sayup-sayup tercium bau apak karpet basah.

Baca Juga: Pasar menanti bunga The Fed, rupiah melemah

Dari hotel megah dan mewah sekaligus terpencil inilah nasib ekonomi dunia saat ini digurat. Pertemuan yang kelak kemudian hari terkenal dengan sebutan pendek "Bretton Wood" tadi melahirkan tiga hal yang sangat berpengaruh terhadap ekonomi global saat ini.




TERBARU

Close [X]
×