kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Dirjen WHO digoyang lagi, senator AS minta Dr Tedros bersaksi soal penanganan corona


Jumat, 10 April 2020 / 19:50 WIB
Dirjen WHO digoyang lagi, senator AS minta Dr Tedros bersaksi soal penanganan corona
ILUSTRASI. Dirjen WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus. Senator AS minta dirjen WHO bersaksi soal penanganan corona. Senator AS minta dirjen WHO bersaksi soal penanganan corona. REUTERS/Denis Balibouse/File Photo

Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Senator Amerika Serikat Todd Young menyerukan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus untuk menghadap subkomite Senat Hubungan Luar Negeri untuk menjawab pertanyaan tentang penanganan organisasi tersebut terhadap pandemi virus corona.

WHO dalam beberapa hari terakhir menghadapi kritik pedas dari Senat Republik dan Presiden AS Donald Trump, yang berpendapat organisasi itu tidak melakukan cukup banyak untuk meneliti respon China terhadap wabah tersebut.

Baca Juga: Bukan cuma Korea Utara, ini 15 negara yang belum terkena virus corona

"Ini telah memberikan sanksi terhadap tanggapan kasar orang China dan informasi yang salah yang diabadikan oleh orang China," kata Young dalam sebuah wawancara seperti dikutip South China Morning Post

"Di semua sisi, saya tidak hanya tidak terkesan tetapi juga marah karena respon dan kinerja Organisasi Kesehatan Dunia," lanjut dia.

Dalam suratnya kepada Tedros, Young mengkritik WHO karena memuji tanggapan awal China terhadap virus corona dan karena mengandalkan data dari pemerintah China.

"Kegagalan sistematis pemerintah China, kegagalan yang diverifikasi oleh komunitas intelijen kami, untuk secara akurat melaporkan jumlah kasus yang merusak pengetahuan epidemiologis kami tentang Covid-19," tulisnya.

Baca Juga: Ada insiden cabul saat live, Singapura stop penggunaan Zoom untuk kegiatan pendidikan

Young meminta Tedros untuk hadir di hadapan Subkomite Hubungan Luar Negeri Senat tentang Lembaga Multilateral untuk audiensi tentang bagaimana uang dari federal AS akan diberikan kepada WHO di masa mendatang.



TERBARU

[X]
×