kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diversifikasi merek agar bisnis tak mudah goyah (2


Kamis, 05 Januari 2017 / 12:59 WIB
Diversifikasi merek agar bisnis tak mudah goyah (2


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

Mantan juragan roti Xu Shihui terus ekspansif membesarkan Fujian Dali Foods Group menjadi salah satu konglomerasi penguasa bisnis makanan dan minuman di China. Berkaca pada musibah topan yang sering menimpa kampung halamannya, Shihui mendiversifikasi usaha menjadi tiga lini bisnis berbeda yakni snack, teh herbal dan minuman berenergi. Selain merambah sektor bisnis yang berbeda, Shihui juga agresif meluncurkan varian produk baru.

Jeli membaca perubahan menjadi salah satu keahlian Xu Shihui. Keahlian itu membuat miliarder China ini menyadari bahwa diversifikasi bisnis merupakan harga mati bagi pebisnis.

Melihat musibah gempa yang menimpa kampung halamannya di Provinsi Fujian, Shihui bergegas merambah lini bisnis baru. Bencana angin topan yang menelan kerugian US$ 1,6 miliar di Fujian Province memicu Shihui melebarkan sayap ke bisnis minuman berenergi dan minuman teh. "Jika hanya memiliki satu merek, bisnis akan mudah lenyap," ujar Shihui seperti dilansir Forbes.

Pada 2005, setelah Shihui dan keluarganya berhasil memiliki mayoritas saham Fujian Dali Foods Group Limited, miliarder ini membagi fokus bisnis perusahaan menjadi tiga bagian.  Yakni bisnis snack, teh herbal dan minuman berenergi. Diversifikasi bisnis ini sejalan dengan tujuan Shihui untuk membagi risiko bisnis.

Mengutip laporan keuangan tahunan Dali Foods Group Company, bisnis makanan masih mendominasi pendapatan perusahaan yaitu sebesar 56% di sepanjang 2015. Sedangkan bisnis minuman menyumbang pendapatan sebesar 44%.

Selain diversifikasi sektor bisnis, Shihui juga membuat beragam produk. Tercatat ada beberapa produk andalan dari Shihui untuk meraup keuntungan.

Yakni, bisnis teh herbal dengan merek Heqinzheng. Ada pula produk susu dengan merek Daliyuan. Di jajaran bisnis makanan, ada tiga merek kue yang berhasil menuai sukses.

Ketiganya yaitu Copico chips, Daliyuan pies dan Haochidian Sementara di bisnis minuman berenergi, merek Hi-Tiger berhasil mencatatkan rekor pertumbuhan penjualan sebesar 79% pada 2015. Padahal, Hi-Tiger baru meluncur pada 2013 silam.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×