kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong Ekspansi Global, Vinfast Akhirnya Ajukan IPO di Bursa Saham AS


Rabu, 07 Desember 2022 / 11:43 WIB
Dorong Ekspansi Global, Vinfast Akhirnya Ajukan IPO di Bursa Saham AS
ILUSTRASI. VinFast bakal segera IPO di bursa saham AS


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - HANOI. Pembuat kendaraan listrik Vietnam, VinFast, mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan rencana penawaran umum saham perdana atawa initial public offering (IPO) di Amerika Serikat (AS). Rencananya, VinFast bakal dicatatkan di Nasdaq dengan kode "VFS".

VinFast, yang mulai beroperasi pada 2019, bersiap untuk berekspansi di pasar AS. Perusahaan asal Vietnam ini berharap dapat bersaing untuk membuat kendaraan konvensional dan menawarkan dua SUV all-electric-nya, yakni VF8 dan VF9, termasuk penyewaan baterai untuk mengurangi harga pembelian.

Untuk IPO, perseroan mengatakan akan melakukan konversi menjadi perseroan terbatas Singapura dan akan dikenal sebagai VinFast Auto Ltd. Sementara jumlah saham yang akan ditawarkan dan kisaran harga penawaran yang diusulkan belum ditentukan.

Berdasarkan pengajuan perusahaan, Citigroup, Morgan Stanley, Credit Suisse dan JP Morgan memimpin sindikat sembilan bank di belakang kesepakatan tersebut. Jika berhasil, VinFast akan menjadi perusahaan Vietnam pertama yang terdaftar di Amerika Serikat.

Pengajuan hari Selasa mengikuti pengajuan rahasia VinFast ke Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) pada bulan April, sebulan setelah mengatakan akan membangun pabrik produksi di Carolina Utara dengan kapasitas awal yang diproyeksikan 150.000 EV per tahun.

Baca Juga: VinFast Vietnam Kirim Kendaraan Listrik Pertama ke Pelanggan di Amerika Serikat

Sebuah unit dari konglomerat terbesar Vietnam Vingroup VIC.HM, VinFast, pertama kali menandai IPO AS pada April tahun lalu, yang bertujuan untuk mengumpulkan US$ 2 miliar dengan valuasi sekitar US$ 60 miliar.

Valuasi pasar untuk startup EV telah mendingin secara drastis selama setahun terakhir setelah beberapa perusahaan dengan valuasi setinggi langit menghadapi pengawasan, bersama dengan ekonomi global yang suram.

"Valuasi atau ukuran IPO kami sebagian akan tergantung pada kondisi pasar," kata Chief Executive VinFast Le Thi Thu Thuy dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Rabu.

"VinFast akan terus memantau peluang penggalangan dana di masa depan, karena pasar menjadi lebih akrab dengan merek dan cerita VinFast," katanya.

Indeks Kendaraan Listrik AS & China dalam indeks S&P, yang mengukur kinerja perusahaan yang terlibat dalam bisnis kendaraan listrik, telah turun 33,51% sejak awal tahun dan berada di 1.933,47 pada penutupan Selasa.

Perusahaan mengatakan IPO hanyalah salah satu opsi untuk mengumpulkan dana. Pada bulan Juli, ia mengatur dengan bank untuk mengumpulkan setidaknya US$ 4 miliar untuk mendorong ekspansi agresifnya.

Tidak ada kerangka waktu yang ditentukan untuk penawaran pada hari Selasa meskipun perusahaan mengatakan akan melakukan IPO pada kuartal IV-2022.

Baca Juga: VinFast Cari Pinjaman Pemerintah AS untuk Ekspansi Pabrik

Namun pada bulan Mei, perusahaan induknya, Vingroup, memperingatkan bahwa IPO dapat ditunda hingga 2023 karena ketidakpastian pasar.

"VinFast bermaksud untuk melakukan IPO setelah SEC menyatakan pernyataan pendaftaran efektif, kondisi pasar memungkinkan," kata Thuy, mencatat tujuan utama perusahaan adalah berhasil mendaftarkan VinFast di bursa saham AS.

Pembuat EV pada akhir November mengirimkan gelombang pertama 999 kendaraan ke Amerika Serikat, menutup tawaran lima tahun untuk mengembangkan pusat produksi mobil di Vietnam untuk pasar di Amerika Utara dan Eropa.

VinFast mengatakan memiliki hampir 65.000 pesanan secara global dan berharap dapat menjual 750.000 EV setiap tahun pada tahun 2026.

Saham perusahaan induk terdaftar VinFast, Vingroup, yang juga memiliki bisnis pengembangan properti dan resor, naik 5,11% pada Rabu pagi setelah pengumuman IPO.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×