kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Dua masjid lokasi penembakan Selandia Baru akan dibuka untuk salat Jumat pekan ini


Kamis, 21 Maret 2019 / 14:03 WIB

Dua masjid lokasi penembakan Selandia Baru akan dibuka untuk salat Jumat pekan ini

KONTAN.CO.ID - CHRISTCHURCH. Masjid Al Noor yang menjadi lokasi serangan teror penembakan terus berbenah. Masjid tersebut akan kembali digunakan untuk ibadah salat Jumat pada pekan ini.

Dilansir dari Reuters, kepolisian akan mengerahkan kekuatan untuk menjaga masjid tersebut saat digunakan salat Jumat setelah tragedi penembakan yang menewaskan lima puluh jemaah tersebut.


"Kami akan hadir untuk memberikan jaminan keamanan kepada orang-orang yang menjalankan ibadah salat Jumat," kata polisi dalam sebuah pernyataannya hari ini. 

"Polisi telah bekerja tanpa henti, melakukan segala upaya untuk mengumpulkan semua bukti dari tempat kejadian kejahatan sehingga kami dapat membuka masjid secepat mungkin," lanjut pernyataan tersebut.

Selain Al Noor, dan masjid Linwood yang juga menjadi lokasi penembakan kedua juga direncanakan untuk dibuka kembali pekan ini. Ribuan jamaah diperkirakan akan datang di masjid Al Noor, yang menjadi tempat penembakan dengan jumlah korban meninggal terbanyak.

Sebagian besar korban adalah migran atau pengungsi dari sejumlah negara seperti Pakistan, India, Malaysia, Indonesia, Turki, Somalia, Afghanistan dan Banglades.

Namun upacara pemakaman para korban tak bisa dilakukan secepatnya karena proses identifikasi yang memakan waktu lama. Pemakaman masal terhadap para korban meninggal rencananya baru bisa dilakukan pada esok hari.

Selain lima puluh korban meninggal, ada 29 korban luka akibat serangan tersebut dengan delapan di antaranya masih berada dalam perawatan intensif.


Sumber : Reuters
Editor: Tendi

Video Pilihan


Close [X]
×