kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dunia kecam keputusan Trump setop pendanaan untuk WHO, ini daftarnya


Rabu, 15 April 2020 / 18:32 WIB
Dunia kecam keputusan Trump setop pendanaan untuk WHO, ini daftarnya
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump terlihat dari balik latar belakang ruang briefing pers Brady ketika dia tiba untuk memimpin pengarahan tanggapan virus corona harian di Gedung Putih di Washington, AS, 1 April 2020.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menginstruksikan pemerintahannya untuk sementara waktu menghentikan pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di tengah pandemi global virus corona baru.

Trump mengatakan, WHO telah "gagal dalam tugas dasarnya dan harus bertanggungjawab". Dia menyebutkan, WHO mempromosikan "disinformasi" China tentang virus corona yang kemungkinan menyebabkan wabah yang lebih luas.

AS adalah donor terbesar untuk WHO, dengan menyumbang lebih dari US$ 400 juta pada 2019 lalu. Angka ini sekitar 15% dari anggaran lembaga di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berbasis di jenewa, Swiss, tersebut.

Keputusan Trump pun menuai kecaman dari berbagai penjuru dunia. Berikut daftarnya mengutip Reuters:

Baca Juga: Rusia laporkan 3.388 kasus baru virus corona, rekor harian tertinggi

Kementerian Luar Negeri China

China mendesak AS untuk memenuhi kewajibannya kepada WHO. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan, pandemi virus corona yang telah menginfeksi hampir dua juta orang di seluruh dunia berada pada tahap kritis, dan keputusan Trump akan memengaruhi semua negara.

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas

"Menyalahkan kesalahan tidak membantu. Virus tidak mengenal batas," kata Maas dalam kicauan di akun Twitter-nya, Rabu (15/4).

"Kita harus bekerja sama secara erat melawan #COVID19. Salah satu investasi terbaik adalah memperkuat @UN (PBB), khususnya @WHO yang kurang dana, misalnya, untuk mengembangkan dan mendistribusikan tes dan vaksin," ujarnya.

Baca Juga: Mantan kepala MI6: China sembunyikan informasi penting tentang corona

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern

"Pada saat seperti ini, ketika kita perlu berbagi informasi dan perlu memiliki saran yang bisa kita andalkan, WHO telah menyediakan itu. Kami akan terus mendukungnya dan terus memberikan kontribusi kami," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×