kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ekonomi stagnan, nyaris separuh pemuda Rusia ingin meninggalkan negaranya


Kamis, 04 April 2019 / 23:46 WIB

Ekonomi stagnan, nyaris separuh pemuda Rusia ingin meninggalkan negaranya

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Makin banyak pemuda Rusia yang ingin meninggalkan negara asalnya. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaga Gallup, sebanyak 44% orang Rusia berusia 15 tahun hingga 29 tahun ingin beremigrasi ketika ekonomi mereka mandek.

Jajak pendapat yang dilakukan terhadap dua ribu responden lewat wawancara tatap muka yang dilakukan pada tahun 2018, menunjukkan bahwa 20% dari semua orang Rusia ingin pindah ke luar negeri. Proporsi ini meningkat sejak 2007, ketika 17% orang Rusia ingin meninggalkan negaranya.


Kalangan muda di usia kerja menjadi yang paling ingin pergi, sesuatu yang menurut Gallup akan mengancam posisi ekonomi dan pengaruh politik Rusia di masa depan.

"Meskipun tidak semua orang Rusia ini akan berpindah, namun keinginan yang lebih tinggi dalam beberapa tahun terakhir harus menjadi perhatian Moskow," katanya seperti dikutip Reuters.

Di antara usia 30 tahun hingga 45 tahun, 22% ingin pindah ke luar negeri secara permanen. Tujuan yang paling dicari adalah Jerman dan Amerika Serikat.

Pollsters mengaitkan suasana yang suram dengan kekecewaan dengan selama lima tahun berturut-turut karena penurunan pendapatan riil dan langkah pemerintah dalam menaikkan usia pensiun dan meningkatkan pajak pertambahan nilai.

Gallup juga mencatat populasi Rusia menurun pada tahun lalu untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir menjadi 146,8 juta orang.

Sementara sebuah jajak pendapat lain pada bulan Januari lalu menunjukkan bahwa kepercayaan publik terhadap Putin, yang terpilih kembali tahun lalu dengan lebih dari 76% suara, telah jatuh ke level terendah dalam 13 tahun.


Sumber : Reuters
Editor: Tendi

Video Pilihan


Close [X]
×