kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.274   65,00   0,42%
  • IDX 7.897   68,28   0,87%
  • KOMPAS100 1.205   9,55   0,80%
  • LQ45 979   8,95   0,92%
  • ISSI 228   0,30   0,13%
  • IDX30 499   4,36   0,88%
  • IDXHIDIV20 603   5,71   0,96%
  • IDX80 137   1,04   0,77%
  • IDXV30 140   0,01   0,01%
  • IDXQ30 167   1,40   0,85%

Elon Musk Wawancara Live Donald Trump di X, Ini yang Dibahas


Selasa, 13 Agustus 2024 / 22:14 WIB
Elon Musk Wawancara Live Donald Trump di X, Ini yang Dibahas
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump dan Elon Musk terlihat di Firing Room Four setelah peluncuran roket SpaceX Falcon 9 dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon dalam misi SpaceX Demo-2 NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dari Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida, AS 30 Mei 2020. REUTERS/Jonathan Ernst/File Foto


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Wawancara calon presiden dari Partai Republik Donald Trump dengan pengusaha miliarder Elon Musk akhirnya dimulai di platform media sosial Musk, X, pada Senin malam. 

Wawancara langsung ini dilakukan setelah penundaan panjang yang disebabkan oleh masalah teknis yang membuat banyak pengguna tidak X dapat mengakses siaran langsung.

Elon Musk adalah pengusaha AS yang mendukung Trump menjadi Presiden. Musk memulai acara tersebut pada pukul 20.42 (00.42 GMT Selasa), selama lebih dari 40 menit setelah waktu mulai yang dijadwalkan. 

Baca Juga: Kisah Mangga Muraji, Manisnya Terasa Sampai Singapura

Ia menyalahkan kesulitan tersebut tersebut pada serangan penolakan layanan terdistribusi, di mana server atau jaringan dibanjiri lalu lintas dalam upaya untuk mematikannya, meskipun klaim dari Musk ni tidak terkonfirmasi kebenarannya.

Menurut penghitung di X, Wawancara langsung ini dipantau lebih dari 1,3 juta orang mendengarkan sekitar 45 menit dalam percakapan tersebut.

Donald Trump berusaha mengubah masalah teknis saat wawancara tersebut menjadi hal yang positif. Ia memberi selamat kepada Musk atas banyaknya orang yang mencoba mendengarkan wawancara ini.

Mantan presiden AS itu terkadang terdengar seperti cadel, sehingga banyak dikeluhkan pendengar di X. 

Baca Juga: Peran Tol yang Akan Menjadi Obat Kuat Bagi Bisnis Penyeberangan dan Logistik

Beberapa pendengar di X mengatakan itu membuatnya terdengar seperti karakter kartun, yang lain menyarankan itu mungkin karena masalah kompresi audio.

Masalah teknis tersebut mengingatkan kita pada peristiwa serupa di X pada bulan Mei 2023, ketika Gubernur Florida Ron DeSantis mengalami kekacauan saat memulai upayanya untuk mendapatkan nominasi presiden dari Partai Republik karena gangguan pada platform tersebut.

Saat itu, Trump mengejek DeSantis di platform media sosial miliknya sendiri, Truth Social. "Tombol Merah saya lebih besar, lebih baik, lebih kuat, dan berfungsi (TRUTH!)" Trump memposting, "Tombol Anda tidak."

Menjelang acara hari Senin, Elon Musk telah menuliskan: "Saya akan melakukan beberapa uji penskalaan sistem malam ini & besok sebelum percakapan." X tidak menanggapi permintaan untuk rincian atau bukti dari dugaan serangan siber atas wawancara Musk dengan Trump tersebut.

Elon Musk menghabiskan sebagian besar bagian awal wawancara dengan membarikan pujian kepada Trump atas keberaniannya selama upaya pembunuhan terhadapnya pada tanggal 13 Juli, yakni ketika telinganya terkena peluru.

Musk, orang terkaya di dunia, mengumumkan dukungannya untuk Trump tak lama setelah penembakan tersebut. Elon Musk sempat menjadi pendukung Presiden Demokrat Joe Biden pada tahun 2020 tetapi telah beralih ke Donald Trump sejak saat itu.

Trump mengatakan bahwa ia berencana untuk kembali ke Butler, Pennsylvania, lokasi serangan, untuk sebuah rapat umum pada bulan Oktober mendatang.

Saat percakapan berlangsung, Trump menyampaikan campuran keluhan, klaim yang dilebih-lebihkan, dan serangan pribadinya yang biasa. Sementara Musk sesekali memberikan dorongan.

Trump mengklaim tanpa bukti bahwa Rusia tidak akan menginvasi Ukraina jika ia masih menjadi presiden. Pada kesempatan wawancara itu ia kembali memuji Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Xi Jinping, juga pemimpin Korea Utara Kim Jong Un - semuanya orang kuat yang otoriter - sebagai orang yang berada di "puncak permainan mereka."

Baca Juga: Kisah Keberlanjutan di Waduk Cirata, Dulu Menangkap Ikan Sekarang Menangkap Energi

Ia juga mengungkapkan kemarahannya karena Wakil Presiden Kamala Harris telah ditukar dengan Biden dalam tiket pencalonan presiden di Partai Demokrat.

"Ia belum melakukan wawancara sejak seluruh penipuan ini dimulai," kata Trump, dengan klaim yang keliru bahwa Biden yang menyerahkan tiket itu adalah sebuah "kudeta." 

Trump telah mengungguli Biden dalam banyak jajak pendapat di negara bagian medan pertempuran yang kemungkinan akan menjadi kritis terhadap hasil pemilihan 5 November, tetapi sekarang ia balik tertinggal dari Harris di beberapa negara bagian yang sama.

Dalam sebuah wawancara yang tidak terlalu rinci tentang kebijakan, Trump juga tampak memuji Elon Musk karena memecat para pekerja.

"Anda adalah pemotong yang paling hebat. Maksud saya, saya melihat apa yang Anda lakukan. Anda masuk, Anda hanya berkata: 'Anda ingin berhenti?' Mereka mogok kerja - saya tidak akan menyebutkan nama perusahaannya - tetapi mereka mogok kerja. Dan Anda berkata: 'Tidak apa-apa, kalian semua keluar.'"

Baca Juga: Pelindo Multi Terminal Bersiap Menyambut Dampak Positif Pembangunan Tol Probowangi

MUSK MENDUKUNG TRUMP

Elon Musk, saat ini menjadi pemilik dari perusahaan mobil listrik Tesla. Ia telah menyuarakan klaim palsu Trump tentang kecurangan pemilih dan kebijakan imigrasi Biden.

Musk telah memulai kelompok pengeluaran super PAC eksternal untuk mendukung kampanye Trump. Komite aksi politik tersebut kini sedang diselidiki di Michigan atas kemungkinan pelanggaran hukum negara bagian terkait pengumpulan informasi pemilih.

Trump, yang telah lama mengkritik kendaraan listrik, mengubah sikapnya setelah mendapat dukungan Musk.

"Saya mendukung mobil listrik. Saya harus mendukungnya, karena Elon sangat mendukung saya. Jadi saya tidak punya pilihan lain," kata Trump pada rapat umum awal Agustus.

Presiden Serikat Pekerja Otomatis Shawn Fein, yang berkampanye untuk mendukung Harris, menyebut Trump sebagai "pengkhianat."

Pemerintahan Biden telah berupaya memopulerkan kendaraan listrik melalui keringanan pajak dan dukungan lainnya sebagai bagian dari tujuan yang lebih luas untuk mengurangi emisi karbon yang disalahkan atas perubahan iklim.

Partai Republik di Kongres, termasuk calon wakil presiden Trump, Senator JD Vance, telah menentang subsidi tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×