kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erdogan dan Putin resmikan pembangunan reaktor nuklir baru di Turki


Kamis, 11 Maret 2021 / 13:01 WIB
Erdogan dan Putin resmikan pembangunan reaktor nuklir baru di Turki


Sumber: Arab News | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - ANKARA. Melalui konferensi video, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan pembangunan reaktor nuklir ketiga di pembangkit listrik Akkuyu di Turki selatan pada hari Rabu (10/3).

Keduanya sepakat untuk melanjutkan kerja sama erat mereka dalam pemanfaatan nuklir sebagai sumber energi. Secara khusus, Erdogan menyebutnya sebagai simbol kerja sama Turki-Rusia.

Dilansir dari Arab News, saat ini Rusia sedang dalam proses membangun PLTN pertama untuk Turki di pantai Mediterania provinsi Mersin. PLTN merupakan hasil dari perjanjian kerja sama pada tahun 2010 dan mulai dibangun pada tahun 2018.

Selama ini produksi listrik Turki didasarkan pada pembangkit listrik tenaga gas dan unit pembangkit listrik tenaga air. Mereka juga cukup bergantung pada tenaga impor seperti gas alam dari Azerbaijan, Iran, dan Rusia. Bagi Erdogan, pemanfaatan tenaga nuklir adalah langkah strategis untuk menjamin keamanan sumber energi negara.

Baca Juga: Mesir dan Yunani bidik kerja sama multi-sektor di kawasan Mediterania timur

Tidak hanya itu, musim panas tahun lalu Turki mengumumkan telah menemukan 405 miliar meter kubik gas alam di Laut Hitam, yang nantinya juga akan dikelola sebagai sumber energi.

Turki juga sedang mencari sumber daya hidrokarbon lain di laut Mediterania Timur dan harus bersitegang dengan Yunani serta Siprus mengenai hak maritim.

Kerja sama Turki dan Rusia menjadi kunci stabilitas regional

Menteri Energi Fatih Donmez mengatakan, PLTN Akkuyu akan memenuhi sekitar 10% kebutuhan listrik domestik. Jumlah tersebut terbilang cukup besar untuk sumber energi yang terbarukan.

Baca Juga: Ankara: 4 Jet Yunani mengganggu kapal penelitian Turki di Laut Aegea




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×