Fenomena Blood Moon Terjadi Akhir Pekan Ini, Apa Bedanya dengan Gerhana Bulan?

Rabu, 11 Mei 2022 | 12:59 WIB Sumber: CNET
Fenomena Blood Moon Terjadi Akhir Pekan Ini, Apa Bedanya dengan Gerhana Bulan?

ILUSTRASI. Fenomena Blood Moon Bakal Terjadi Akhir Pekan Ini, Apa Bedanya dengan Gerhana Bulan?


KONTAN.CO.ID - Fenomena Blood Moon bakal terjadi akhir pekan ini. Apa bedanya dengan gerhana Bulan yang umumnya terjadi? Kenapa disebut sebagai Blood Moon?

Akhir pekan ini langit akan menampilkan pertunjukan unik di sebagian besar wilayah di dunia. Fenomena tersebut adalah gerhana Bulan yang kerap kali disebut dengan istilah Blood Moon.

Apakah fenomena Blood Moon yang terjadi akhir pekan ini, tepatnya pada 15 Mei mendatang, berbeda dengan Bulan purnama pada umumnya?

Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Fenomena ini terjadi ketika posisi Matahari, Bumi, dan Bulan tepat atau hampir membentuk garis lurus dan Bulan berada dalam fase Bulan purnama.

Melansir Cnet (11/5/2022), gerhana Bulan yang disebut Blood Moon sebagian besar bakal terlihat di wilayah Amerika, Eropa, dan Afrika berdasarkan peta lokasi yang disoroti NASA.

Baca Juga: Masuk Kategori Berpotensi Berbahaya, Asteroid Ini Telah Melintasi Bumi dengan Aman

Peta Wilayah yang dapat melihat fenomena gerhana Bulan Blood Moon

Gerhana Bulan maksimum akan terlihat sekitar jam 10 malam waktu setempat pada Minggu, 15 Mei di beberapa wilayah yang ditandai NASA tersebut.

Tetapi jangan khawatir, bila Anda tinggal di wilayah yang mungkin jauh dari jangkauan gerhana Bulan, fenomena ini bisa disaksikan melalui tayangan live streaming.

Melalui kanal resmi NASA TV pada 15 Mei mendatang akan disiarkan penampakan Blood Moon mulai pukul 8 malam waktu setempat.

Buat yang belum tahu, sebutan Blood Moon merujuk pada penampakan gerhana Bulan yang berwarna kemerahan.

Blood Moon terjadi apabila Bulan yang mengalami gerhana total. Warna merahnya ini berasal dari cahaya Matahari yang terefraksi oleh atmosfer Bumi dan mencapai ke permukaan Bulan.

Ini serupa dengan warna kemerahan di langit Bumi saat Matahari terbit dan terbenam.

Baca Juga: Tak Disangka, Bulan Ternyata Memiliki Air yang Berasal dari Bumi

Gerhana Bulan juga dibagi menjadi tiga, termasuk gerhana Bulan total yang akan terjadi akhir pekan ini. Berikut tiga gerhana Bulan yang harus Anda ketahui:

  1. Gerhana Bulan total
  2. Gerhana Bulan sebagian, Bumi tidak seluruhnya menghalangi Bulan dari sinar Matahari, sedangkan permukaan Bulan yang lain berada di daerah penumbra sehingga masih ada sebagian sinar Matahari yang sampai ke permukaan Bulan.
  3. Gerhana bulan penumbra, seluruh bagian Bulan berada di bagian penumbra sehingga Bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

Yang membedakan Blood Moon dengan gerhana Bulan lainnya adalah warnanya yang kemerahan. Ini membuat gerhana Bulan total berbeda dengan gerhana Bulan lainnya saat terjadi.

Demikian beberapa informasi menarik yang dapat Anda ketahui terkait fenomena astronomi yang bakal terjadi akhir pekan ini. Apakah gerhana Bulan Blood Moon bakal Anda nantikan akhir pekan ini?

Editor: Arif Budianto

Terbaru