kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Foto satelit: China bangun konstruksi peralatan militer dekat lokasi bentrok vs India


Jumat, 26 Juni 2020 / 20:55 WIB
Foto satelit: China bangun konstruksi peralatan militer dekat lokasi bentrok vs India
ILUSTRASI. Maxar WorldView-3 satellite image shows close up view of the Line of Actual Control (LAC) border and patrol point 14 in the eastern Ladakh sector of Galwan Valley June 22, 2020. Maxar Technologies via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLI


Sumber: BBC,Reuters | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI.  Sempat mereda sebentar, sepertinya potensi konflik China dan India masih tetap tinggi. Mengutip Reuters, Kamis (25/6), berdasarkan foto satelit satelit, China menggelar proyek konstruksi baru dekat lokasi pertikaian di Lembah Galwan, perbatasan Himalaya yang menewaskan 20 tentara India pekan lalu.. 

Mengutip BBC, sejumlah bunker, tenda dan unit penyimpanan peralatan militer tampak di area itu.  Padahal tidak tampak dalam foto udara yang dirilis awal Juni kemarin. Foto satelit itu  diambil perusahaan teknologi luar angkasa Amerika Serikat, Maxar Technologies, pada Senin (22/6) lalu. Saat itu China dan India sedang menggelar perundingan untuk meredam ketegangan.

Media lokal yang mengutip sumber-sumber dari militer India menyebutkan proyek konstruksi China tampaknya berlangsung antara bentrokan 15 Juni hingga perundingan tingkat komandan sebelumnya. Kementerian luar negeri China tidak menanggapi permintaan konfirmasi Reuters. Begitu pula Kementerian Pertahanan India.  

Isu pembangunan konstruksi ini terus mencuat. Ajai Shukla, seorang analis pertahanan terkemuka India, mencuit, ada kamp besar China di Lembah Galwan, 1,5 kilometer ke wilayah India di line of acutal control (LAC).  Media lokal juga mengutip sumber-sumber dari militer India yang menyebutkan proyek konstruksi China tampaknya berlangsung antara bentrokan 15 Juni dan perundingan sebelumnya. 

Foto satelit perbatasan India-China

Citra satelit pada Mei lalu menunjukkan tidak ada struktur bangunan di wilayah sengketa dekat lokasi bentrokan. Konflik kedua negara ini sepertinya masih rentan meningkat. 




TERBARU

[X]
×