kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Franz Beckenbauer, Legenda Sepakbola Jerman Meninggal Dunia, Ini Legacy-nya


Selasa, 09 Januari 2024 / 05:23 WIB
Franz Beckenbauer, Legenda Sepakbola Jerman Meninggal Dunia, Ini Legacy-nya
ILUSTRASI. Legenda sepakbola Jerman, Franz Beckenbauer, meninggal pada usia 78 tahun. Beckenbauer meninggalkan banyak legacy bagi negaranya.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - MUNICH. Legenda sepakbola Jerman, Franz Beckenbauer, meninggal dunia pada usia 78 tahun. Beckenbauer meninggalkan banyak legacy bagi negaranya.

Ia membantu memodernisasi sepakbola dan melambangkan kesuksesan olahraga Jerman pascaperang, menjadi kapten negaranya meraih gelar Piala Dunia 1974 di kandang sendiri.

'Der Kaiser', begitu ia dijuluki karena gaya bermainnya yang angkuh dan penguasaan permainannya, identik dengan kesuksesan Jerman di lapangan, sebagai pemain dan kemudian sebagai pelatih.

Mengutip Reuters, Beckenbauer mengumpulkan banyak penghargaan besar dalam karier bermainnya yang cemerlang dan melanjutkan rekor kesuksesannya yang luar biasa setelah beralih menjadi pelatih dan manajer.

Beckenbauer mencatatkan 103 caps dan menjadi kapten Jerman Barat hingga meraih kesuksesan di Piala Dunia 1974, dua tahun setelah mengangkat gelar Eropa.

Di level klub ia membawa Bayern Munich meraih tiga kemenangan berturut-turut di Piala Eropa dari tahun 1974 hingga 1976 dan memenangkan Piala Dunia Antarklub, Piala Winners Eropa, dan delapan trofi domestik - empat gelar liga dan empat kemenangan piala.

Di tahun tersebut, Beckenbauer meraih rekor empat kali pemain terbaik Jerman Barat dan dua kali pemain terbaik Eropa.

Baca Juga: Rekor Messi Pemenang Ballon d'Or 2023, Cek Sejarah & Daftar Pemenang Ballon d'Or

Secara luas dianggap sebagai salah satu pemain sepakbola terhebat sepanjang masa, dan oleh banyak orang sebagai pemain terbaik Eropa, sebagai pemain ia menciptakan dan mendefinisikan peran libero modern.

Selalu tenang di bawah tekanan dan terampil dalam pertahanannya, Beckenbauer bisa membaca permainan dengan sangat cerdik sehingga dia tahu dengan tepat saat yang tepat untuk maju ke lini depan.

Beckenbauer menikmati kesuksesan sebagai pelatih saat memimpin Jerman meraih gelar Piala Dunia 1990 di Italia, satu dari tiga pemain sepakbola yang pernah memenangkan gelar dunia baik sebagai pemain maupun pelatih.

Namun meski memimpin Piala Dunia 2006 di negaranya sendiri sebagai ketua penyelenggara, reputasinya ternoda dalam beberapa tahun terakhir menyusul penyelidikan terhadap potensi dana gelap untuk turnamen tersebut dan pembayaran sebesar 6,7 juta euro ($7,34 juta) kepada badan sepak bola dunia FIFA pada tahun 2005.

Beckenbauer, yang telah berjuang melawan beberapa masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir, membantah melakukan kesalahan tersebut dan menarik diri dari perhatian publik.

Lahir di Munich pada 11 September 1945, Beckenbauer, putra seorang pejabat pos yang pernah dilatih menjadi penjual asuransi, bergabung dengan tim muda Bayern pada tahun 1959.

Dia maju ke tim utama dan dengan Beckenbauer mengatur dari lini tengah, Bayern meroket menjadi terkenal di dunia internasional sepakbola liga regional Jerman Barat untuk membangun merek paling kuat di sepakbola Jerman.

Tak lama setelah ulang tahunnya yang ke-20, Beckenbauer bermain untuk pertama kalinya di kualifikasi Piala Dunia melawan Swedia dan menjadi pemain tetap di tim nasional Jerman selama lebih dari satu dekade.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×