kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gara-Gara Video Games, China Pecat Seorang Pejabatnya


Rabu, 03 Januari 2024 / 06:43 WIB
Gara-Gara Video Games, China Pecat Seorang Pejabatnya
ILUSTRASI. China memecat seorang pejabat di badan pemerintah yang mengawasi regulator pers dan publikasi.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. China memecat seorang pejabat di badan pemerintah yang mengawasi regulator pers dan publikasi. 

Hal ini diungkapkan oleh lima sumber Reuters yang mendapat penjelasan mengenai masalah tersebut.

Pemecatan dilakukan selang beberapa hari setelah saham game China terpukul oleh usulan peraturan untuk mengekang pengeluaran video game.

Reuters memberitakan, menurut salah satu sumber, Feng Shixin dicopot pekan lalu dari jabatannya sebagai kepala unit penerbitan Departemen Publisitas Partai Komunis. Departemen ini mengawasi Administrasi Pers dan Publikasi Nasional (NPPA) yang pada gilirannya mengatur sektor video game Tiongkok yang luas.

Kantor Informasi Dewan Negara China, yang menangani pertanyaan media atas nama pemerintah Tiongkok, termasuk mengenai masalah personalia, tidak segera menanggapi permintaan komentar dan Reuters tidak dapat memperoleh rincian kontak Feng untuk menghubunginya untuk memberikan komentar.

Kelima sumber tersebut mengatakan pemecatan Feng terkait dengan peraturan NPPA yang diumumkan bulan lalu yang membuat saham-saham di sektor video game terbesar di dunia, termasuk raksasa industri Tencent, anjlok.

Baca Juga: Sudah Resmi! Arab Saudi Gabung dengan Blok BRICS

Sumber tersebut menolak disebutkan namanya karena pihak berwenang belum secara resmi mengumumkan pemecatan Feng.

Feng dalam beberapa tahun terakhir mewakili pemerintah China di berbagai acara untuk membahas upaya pihak berwenang untuk mengatur industri ini, termasuk persetujuan game dan persyaratan verifikasi nama asli untuk para gamer. 

Reuters tidak dapat memastikan sudah berapa lama dia menjabat dalam jabatannya saat ini.

Langkah-langkah yang diusulkan NPPA, yang bertujuan untuk membatasi pengeluaran dan penggunaan hadiah yang mendorong bermain video game, memicu kekhawatiran bahwa pihak berwenang sekali lagi akan mengambil tindakan keras terhadap sektor ini dan menghapus hampir US$ 80 miliar dari nilai pasar dua perusahaan game terbesar di China.

Baca Juga: Konflik dengan China Dominasi Suasana Kampanye Pemilu Taiwan

Para analis juga mengatakan rencana tersebut membawa risiko potensi perubahan peraturan kembali ke pikiran investor, sehingga merusak kepercayaan pada saat Beijing berusaha meningkatkan investasi sektor swasta untuk memacu perlambatan ekonomi.

Lima hari setelah peraturan tersebut diumumkan, NPPA memberikan nada yang lebih damai, dengan mengatakan bahwa mereka akan memperbaikinya dengan mempelajari secara sungguh-sungguh pandangan masyarakat.

Beijing melakukan tindakan keras terhadap sektor video game pada tahun 2021, dengan menetapkan batas waktu bermain yang ketat bagi anak di bawah 18 tahun dan menangguhkan persetujuan video game baru selama sekitar delapan bulan, dengan alasan kekhawatiran akan kecanduan game.

Tindakan keras ini merupakan bagian dari pengetatan peraturan yang lebih luas di beberapa sektor, termasuk teknologi dan properti, dan menyebabkan tahun 2022 menjadi tahun tersulit dalam sejarah industri game Tiongkok karena total pendapatan menyusut untuk pertama kalinya.

Pasar video game China kembali tumbuh tahun lalu karena pendapatan domestik meningkat 14% menjadi 303 miliar yuan (US$ 42,47 miliar), menurut asosiasi industri CGIGC.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×