Gedung Putih: Presiden Biden Dites Negatif Usai Salah Satu Stafnya Positif Covid-19

Selasa, 21 Desember 2021 | 07:37 WIB Sumber: Reuters
Gedung Putih: Presiden Biden Dites Negatif Usai Salah Satu Stafnya Positif Covid-19

ILUSTRASI. Presiden AS Joe Biden


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Gedung Putih melaporkan, hasil tes Covid-19 yang dijalani Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden negatif. Hal tersebut dilakukan usai seorang staf staf tingkat menengah di Gedung Putih dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (20/12) pagi.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa staf yang dinyatakan positif itu sempat menghabiskan waktu berada di dekat Biden sekitar 30 menit.

"Tes PCR yang diterima Biden setelah diberitahu tentang kasus tersebut kembali negatif, seperti halnya tes antigen yang dia terima pada hari Minggu sebagai bagian dari pengujian regulernya," kata Gedung Putih seperti dikutip dari Reuters.

Kasus Covid-19 di AS memang sedang melonjak selama akhir pekan. Hal tersebut menghancurkan harapan untuk musim liburan yang lebih normal, menghidupkan kembali pembatasan dan memperluas infrastruktur pengujian negara itu jelang musim liburan.

Baca Juga: Sumbang 73% Kasus Covid-19, Varian Omicron Kini Paling Dominan di AS

Lonjakan ini mengkhawatirkan pejabat kesehatan masyarakat, yang takut akan ledakan infeksi setelah liburan Natal dan Tahun Baru.

Senin (20/12), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan, varian Omicron menyebar cepat dan telah menjadi dominan di AS dengan kecepatan kilat. Varian tersebut sekarang menyumbang 73% dari infeksi virus corona di Negeri Paman Sam.

Dengan varian baru yang beredar, kasus Covid-19 sekarang berlipat ganda dalam satu setengah hingga tiga hari di daerah dengan transmisi komunitas, kata WHO.

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru